ARTICLE

Fri - May 25, 2018 / 2322 /

Heboh Video Ibu Menyiksa Anak Kandung! Ini Tips Agar Orang Tua Bisa Mengendalikan Emosi

Pada minggu ini kita dikejutkan dengan viralnya sebuah video seorang ibu yang mendokumentasikan penyiksaannya pada anak di media sosial. Usut punya usut ternyata bocah malang ini menjadi pelampiasan kemarahan ibunya karena ia sedang marah kepada suaminya.

Kejadian menyedihkan ini terjadi di Berau, Kalimantan Timur. Anak yang tidak tahu apa-apa ini terlihat berlumuran darah di bagian hidung dan mulutnya, bahkan ceceran darahnya ada di lantai. Sontak saja video ini menuai kecaman, terutama pada perbuatan sang ibu yang tega menganiaya anak kandungnya sendiri.

Baca juga : 

HOMESCHOOLING, SEKOLAH JAMAN NOW?

Menurut DetikNews, OF (38 tahun) melakukan hal ini lantaran sudah tidak diberi nafkah oleh mantan suaminya. 'Dua hari lalu (OF diperiksa). Kami lakukan pemeriksaan dan hasil pengakuan dia melakukan karena sakit hati dengan suaminya yang selama ini cerai 2015 tak pernah memberikan nafkah,' ujar Kapolres Berau AKBP Pramuja Sigit Wahono.

Sumber: YouTube

Seringkali jika dirumah ada konflik antara suami dan istri, anak ikut terkena dampaknya. Anak juga menjadi pelampiasan emosi dari orang tuanya. Padahal seharusnya orang tua harus menyelesaikan masalah itu baik-baik. Sebaiknya ketika mereka bertengkar tidak di depan anak karena hal ini akan mempengaruhi perkembangan anak.

Dalam kasus ini, menurut Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Dr. Susanto, MA, anak harus direhabilitasi hingga kondisi fisik dan psikisnya pulih. Nah bagi para SuperParents yang sedang bergumul dengan permasalahan hidup dan sempat terpikir melampiaskan kekesalan Anda pada anak, sebaiknya lakukan langkah-langkah ini agar SuperParents bisa mengendalikan emosi:

Sumber: textoserio.blogspot.com

1. Ketika kesal dan marah, sebaiknya menjauh dari anak.

Anda perlu untuk menenangkan diri dan berpikir jernih sebelum dikuasai emosi. Oleh karena itu, SuperParents bisa meminta tolong orang terdekat seperti anggota keluarga lain atau tetangga untuk menjaga anak dikala Anda menenangkan diri. SuperParents juga bisa meninggalkan anak sebentar di ruang keluarga sambil bermain, lalu Anda masuk ke kamar untuk menenangkan diri.  Tapi ingat ya, jangan kelamaan lho.

2. Berdoa

Hubungan yang baik dengan Tuhan ternyata bisa membantu kita lho saat menghadapi permasalahan hidup. SuperParents bisa menenangkan diri dengan menghirup nafas panjang kemudian berdoa meminta pertolongan Tuhan agar masalah ini dapat selesai. SuperParents juga bisa memohon kepada-Nya agar dimampukan untuk tidak emosi di depan anak atau bahkan melampiaskannya kepada mereka.

Baca juga:

TIDAK PERLU KHAWATIR PADA PERGAULAN ANAK DI SEKOLAH KALAU ANDA SUDAH MELAKUKAN HAL INI

3. Setelah tenang, mulailah berpikir positif dan mulai hadapi masalah dengan penyertaan Tuhan.

Ketenangan membantu kita untuk bisa berpikir secara positif, kemudian mempunyai harapan dalam penyelesaian masalah. Ketenangan juga bisa memberikan inspirasi bagi kita lho. Misalnya sedang permasalahan ekonomi, SuperParents bisa mempunyai ide untuk bisnis ketika pikiran dan hati sudah mulai tenang.

Atau misalnya seperti yang dialami oleh ibu OF tadi. Dengan pikiran yang sudah tenang, maka hati bisa Anda tuntun untuk memaafkan suami yang sudah menyakiti dan mengecewakan Anda. Setelah Anda bisa mengampuni, tentunya hati makin terasa nyaman bukan?

Semoga kisah seperti ini tidak terulang lagi ya kedepannya. Karena pada dasarnya, Tuhan mengaruniakan kita anak agar bisa dijaga dan memuliakan nama-Nya. Bukan untuk “sak tinju” kita lho. Tetap terapkan kasih agar mereka tumbuh jadi anak yang menjadi berkat. (CC)

Sumber: Dari berbagai sumber

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK