ARTICLE

Mon - Apr 30, 2018 / 2058 /

Anak Gemar Menonton? Sebaiknya SuperParents Pikirkan 6 Hal Ini Sebelum Menonton

Film Avengers: Invinity War sudah dimulai. Banyak keluarga berbondong-bondong ke bioskop agar tidak ketinggalan film yang digadang-gadang akan sangat sukses tahun ini. Tapi tahukah kamu kalau ternyata 4 dari 10 orang tua mengijinkan anak-anak mereka menonton film yang tidak sesuai dengan umur mereka yang sebenarnya?

Mari kita ingat-ingat. Kalau pergi menonton ke bioskop, berapa pasang orang tua yang membawa anaknya ketika mereka menonton film kesukaannya? Padahal film tersebut tidak cocok untuk anak, hanya agar memenuhi kesenangan orang tuanya saja.

Di bioskop sendiri sebenarnya sudah terdapat penggolongan yang dapat membantu masyarakat untuk mengetahui tontonan mana yang layak sesuai umur. Sayangnya kadangkala itu hanya menjadi hiasan semata yang tidak tegas. Masih ingat film Despicable Me yang terdapat kekerasan? Atau yang sedang anyar saat ini, Avengers? Inilah tantangan sekaligus dilema bagi orang tua zaman sekarang.

Sumber: Helping Hands Respite Care

Oleh karena itu, mari kita sebagai orang tua mampu berpikir secara bijak untuk memilih tontonan yang baik dan sesuai bagi anak:

1. Sebelum nonton, pastikan orang tua sudah memilih film yang akan ditonton dan memastikan membaca reviewnya terlebih dahulu. Hal ini berguna untuk mencegah anak menyaksikan tayangan yang tidak baik untuk mereka sendiri.

2. Saat anak memaksa untuk menonton tayangan yang tidak sesuai dengan umurnya, penting bagi orang tua untuk meyakinkan anak bahwa tayangan itu kurang memberikan nilai yang baik untuk diri mereka. Sampaikan apa risiko yang mereka alami jika menonton tayangan yang tidak baik.

3. Jangan pernah menonton dengan anak tanpa perencanaan terlebih dahulu. Ini mirip dengan poin yang pertama, bahwa orang tua harus memastikan bahwa tontonan itu layak ditonton oleh anak-anak.

4. Pekalah dengan isu-isu terbaru soal dunia anak. Jangan sampai orang tua membiarkan anak ikut-ikutan dengan teman-temannya menonton tayangan yang tidak baik di rumah atau di bioskop.

5. Berikan anak pandangan soal tayangan mana yang baik dan yang tidak baik ditonton. Ingatkan mereka soal risiko yang akan mereka alami jika menonton tayangan berisi konten yang tidak baik.

6. Daripada mengajak anak ke bioskop, lebih baik mencari film-film bertema keluarga dan anak, khususnya film yang mengajarkan soal iman atau keyakinan kepada Tuhan. Ajaklah anak untuk nonton bersama di rumah.

Jadilah orang tua yang selalu waspada dengan segala hal yang dilakukan anak. Jangan biarkan ketidaktahuan justru membuat anak-anak tumbuh dengan cara yang salah. 

Sumber: superbookindonesia.com

Baca juga:

10 TIPS MEMULAI RENUNGAN KELUARGA YANG PERTAMA BERSAMA ANAK-ANAK SUPER PARENTS

INI BUKTI KALAU ANDA, PARA ORANG TUA LEBIH KEREN DARIPADA AVENGERS!

ANAK MENDAPAT TEKANAN YANG MEMPENGARUHI IMAN MEREKA? LAKUKAN 5 HAL UNTUK MENYELAMATKANNYA

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK