ARTICLE

Mon - Mar 26, 2018 / 2411 /

Pelajari 4 Hal Ini Sebelum Memulai Online Shop Agar Bisa Mendapatkan Banyak Pelanggan

Adakah dari kamu yang suka berbelanja online? Atau justru kamu sendiri yang punya toko onlinenya? Ternyata membuat toko secara online itu mudah ya, tapi membuatnya menjadi efisien dan mendatangkan pembeli itu membutuhkan usaha yang lebih.

Kita harus memastikan kalau online shop kita tidak hanya menarik secara visual, fungsional, mudah digunakan, tapi juga benar-benar menarik. Berarti kamu harus memberikan penawaran supaya pembeli tidak dapat menolak dan mereka tertarik lalu menikmati pengalaman berbelanja di online shop kita.

Pelanggan kita adalah jantung dari bisnis kita. Meletakkan kebutuhan dan kebiasaan mereka menjadi yang utama akan membantu kita bertumbuh serta menjadi sukses. Salah satu keuntungan terbesar online shop adalah kemampuan untuk memperluas jangkauan secara global.

Untuk bisa mencapai itu secara efektif, kamu harus mengetahui kebutuhan, kebiasaan belanja, dan perilaku dari target pelanggan kamu. Karena kebutuhan dan kebiasaan itu terus berubah sebagai perkembangan teknologi, maka kita juga harus bisa mengikutinya dengan cepat.

Untuk merancang sebuah online shop yang menarik target demografi kamu, jagalah kebiasaan mereka  di bagian utama pikiran kita. Buat terus bagaimana kita bisa memunculkan online shop untuk menarik pengunjung.

1. Perbedaan nilai antara laki-laki dan perempuan

Kebiasaan berbelanja laki-laki dan perempuan sangat berbeda, tergantung pada jenis produk yang ditawarkan. Jadi penting bagi kita untuk mempertimbangkan jenis kelamin target kita. Misalnya untuk perempuan. Mereka suka dengan online shop yang menarik secara visual, ada ulasan, dan forum. Perempuan juga sangat responsif dengan diskon, penjualan, kupon, dan email pemasan.

Berbeda dengan perempuan, laki-laki menginginkan pengalamaan berbelanja yang sederhana, jadi tidak menyukasi diskon dan kupon. Laki-laki suka dengan deskripsi produk yang terperinci, ulasan, dan penjelasan pengalaman belanja.

 

2. Penjelajahan Multi Perangkat

Konsumen saat ini semakin banyak menggunakan smartphone untuk mencari produk yang  dapat dibeli secara online. Perangkat seluler ini lebih mampu memberikan penjualan secara lancar dan memberikan kenyamanan yang sangat baik.

Ini tidak berarti laptop dan web bisa hilang. 65% konsumen biasa mencari produk lewat smartphone dan membuat keputusan atau menyelesaikan pembelian menggunakan laptop atau komputer dekstop. Oleh karena itu, jika kamu punya strategi untuk tampilan ponsel, situs web kamu juga harus responsif dan ramah seluler. Tetap kita fasilitasi kebutuhan pengguna dekstop dan ponsel.

 

3. Kebiasaan penelitian sebelum pembelian

Menurut penelitian dari Salesforce pada 2017, sebelum melakukan pembelian online, 85% konsumen melakukan penelitian terlebih dahulu. Mereka memeriksa ulasan, penilaian, testimoni, forum, postingan di media sosial, komentar, dan berbagai situs perbandingan.

Kenapa? Karena konsumen cenderung mengandalkan pengalaman orang lain tentang merk tersebut. Mereka ingin merk itu kredibel dan dapat diandalkan. Kamu harus mendorong pelanggan untuk memberikan ulasan dan bahasan pengalaman setelah mereka belanja. Kamu harus dapat mendapatkan ulasan di semua saluran untuk menangkap perhatian pembeli yang biasa melakukan penelitian pra-pembelian.

 

4. Milenium dan rabat (potongan harga)

Kalangan milenial biasanya lebih memilih potongan harga dibanding dengan diskon. Dibandingkan dengan memberikan potongan dengan diskon, cobalah menawarkan barangmu dengan potongan harga langsung (rabat). Kamu akan membuat mereka berpikir bahwa mereka akan mendapatkan peluang penghematan yang besar.

Nah sekarang kamu sudah tahu bagaimana caranya mempelajari kebutuhan, kebiasaan belanja, dan perilaku dari target pelanggan kamu. Sekarang apakah kamu akan menjadi berhasil, semua ada di tanganmu. Semangat terus dan jangan lupa bersyukur.

Sumber: marketing life

Baca juga:

MENGAJARKAN ANAK UNTUK TIDAK MEMENDAM AMARAH DENGAN PERAGAAN “BOM PLASTIK”

PERAGAAN FIRMAN TUHAN “SEDOT TELUR” TENTANG KEJATUHAN MANUSIA DALAM DOSA

JANGAN MELAKUKAN HAL INI SAAT KAMU BERIBADAH YA, AYO FOKUS!

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK