ARTICLE

Tue - Feb 06, 2018 / 1701 /

Uang = Malapetaka. Tangkal Hal Pernyataan Itu Dalam Keluarga Anda dengan Cara Berikut

Mau apa-apa butuh uang. Mau sekolah, mau makan, mau punya tempat tinggal, bahkan mau mencari pekerjaan pun butuh modal berupa uang. Apakah uang sebegitu pentingnya untuk hidup kita? Memang uang adalah kebutuhan dasar manusia. Namun pemakaian dan cara mencarinya memang harus sesuai dengan kehendak Tuhan.

Karena kebutuhan akan uang tergolong besar, sampai-sampai bisa jadi petaka. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa uang bisa menjadi sumber perceraian dalam kehidupan suami istri. Bukan hanya karena orang ketiga saja, tapi juga karena masalah harta gono gininya. Lalu bagaimana caranya agar uang tidak jadi malapetaka bagi keluarga kita?

 

1. Jangan mengelola uang dengan cara yang berbeda

Sumber : Your Money Relationship

Apa sih maksudnya? Yap! Sebaiknya, suami isteri harus mengelola uang dengan bersama-sama. Seorang suami yang mempunyai pandangan yang bijak mengenai uang, cenderung akan mengatur kehidupan keluarganya dengan baik. Demikian juga dengan seorang isteri yang penuh pengertian dan bertanggung jawab untuk apa yang harus dilakukannya ketika mendapat uang dari sang suami akan mengurusnya dengan baik pula.

Jadi tetaplah bersama-sama mengelola dan jangan sampai menutupi sesuatu dari pasangan.

 

2. Perlu kejelasan uang dalam keluarga

Sumber: Steemit

Dalam era modern dan konsumtif yang dibombardir iklan yang sangat menggoda dapat mendorong kebiasaan berbelanja tanpa memperdulikan pemasukan. Persis seperti istilah zaman now “lebih besar pasak daripada tiang.”

Fakta yang harus diterima bahwa memang biaya hidup makin meningkat tahun demi tahun. Kondisi ini terkadang memaksa wanita ikut bekerja. Bila hal ini terjadi, pembagian biaya tagihan dalam keluarga haruslah dipikirkan. Perlu kejelasan dalam pemasukan uang dari suami dan isteri serta disepakati dalam pengeluaran untuk keluarga. Keduanya mempunya hak dan kewajiban  yang sama tetapi apabila gaji suami lebih besar adakalanya pengeluaran keluarga di tanggung semua oleh suami.

 

3. Pentingnya diskusi dalam keluarga


Sumber: Veterans Today

Bila hal seperti diatas terjadi dalam kehidupan kamu ada baiknya segeralah ambil tindakan yang bijak guna menjaga keharmonisan dalam hubungan rumahtangga. Diskusikan hal yang perlu diketahui oleh kamu dan pasangan dan sepakati bersama keputusan yang akan diambil. Perlu disadari bahwa kamu berdua sebagai pasangan memiliki tanggung jawab bersama atas kebutuhan rumah tangga.

 

4. Pisahkan setiap jenis pengeluaran kamu

Sumber: Crosswalk

Untuk melatih disiplin dalam pengeluaran kamu, sediakan  amplop secukupnya dengan jenis pengeluaran yang telah disepakati dalam diskusi keluarga. Masukkan sejumlah uang yang sudah di anggarkan ke dalam amplop tersebut. Bila memungkinkan,catatlah setiap pengeluaran dan simpan  catatan tersebut kedalam amplop. Pada akhir bulan, bawa catatan-catatan  tersebut kedalam diskusi keluarga untuk dievaluasi bersama.

Keberhasilan dalam mengelola keuangan keluarga dapat menjadi sumber kebahagiaan. Sebaliknya, pengelolaan yang berantakan alias nggak beraturan dapat menjadi sumber petaka keluarga bahkan bisa lebih buruk dari itu.

Sumber: jawaban.com

Baca juga:

FATAL AKIBATNYA JIKA ANAK TIDAK MENDAPATKAN HAL INI, BAGAIMANA DENGAN ANAK ANDA?

AJAK ANAK MULAI BERBUAT BAIK DENGAN MELAKUKAN CARA INI. ADA TEMPLATE-NYA LHO

4 CARA JITU MENGAJARKAN ANAK UNTUK MENJADI BERKAT

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK