ARTICLE

Wed - Nov 29, 2017 / 2340 /

Mau Atau Baru Saja Menikah dan Masih Bingung Tinggal Dimana? Ini Pertimbangannya

Apakah kakak akan menikah sebentar lagi tapi belum punya rumah? Atau baru saja melangsungkan pernikahan tapi masih bingung mau tinggal dimana? Sebenarnya banyak saja sih pilihannya. Bisa di rumah keluarga sendiri, rumah mertua, mengontrak, atau tinggal di rumah yang sambil dicicil.

Setiap pilihan kakak pastinya mengandung konsekuensi. Kalau tinggal di rumah orang tua atau mertua kemungkinannya rumah tangga bisa dimasuki pengaruh-pengaruh dari orang tua kakak atau pasangan. Sedangkan kalau mengontrak atau menyicil harus disesuaikan dengan kondisi keuangan juga. Jadi masing-masing pilihan memiliki plus minusnya sendiri. Mau tahu apa saja itu?

 

1. Tinggal dengan orang tua atau mertua.

Kalau tinggal di rumah sendiri bersama dengan orang tua tentunya kakak bisa menjadi diri sendiri karena orang tua sudah tahu kebiasaan-kebiasaan kakak. Jadi mereka maklum lah. Apalagi kalau setelah kerja sampai lembur dan kakak bangun siang esok harinya. Ya minimal omelan-omelan orang tua tidak terlalu banyak lah karena sudah mengenal dengan baik.

Jika kakak tinggal di rumah mertua beda lagi ceritanya. Pasti kakak mau tidak mau jadi jaim alias jaga image ya. Pastinya kakak tidak mau di cap sebagai menantu yang malas, tidak bersih atau rapih, tidak disipilin, dan masih banyak lagi. Nah tapi setiap mertua berbeda juga sih kepribadiannya. Ada yang cuek, ada juga yang cenderung mengritisi. Ya tinggal bagaimana kita mau saling menerima apa adanya.

Kelebihannya tinggal bersama orang tua atau mertua itu irit dan pengasuhan anak bisa minta tolong kepada mereka jika sibuk bekerja. Namun kalau orang tua atau mertua sudah agak “berumur” sebaiknya kakak bisa menyewa asisten rumah tangga. Maklum yang tinggal kan banyak, jadi rumah agak mudah berantakan kan. Keputusan ini disesuaikan juga ya kak dengan kemampuan finansial.

Kekurangannya tinggal  bersama orang tua atau mertua adalah semakin banyak kepala, semakin banyak pendapat-pendapat yang mempengaruhi kehidupan berumah-tangga. Ini yang sebaiknya dihindari dan disepakati dari awal. Jangan sampai mereka terlalu ikut campur dengan masalah rumah tangga kakak.

 

2. Mengontrak.

Kelebihan mengontrak dibandingkan tinggal dirumah orang tua atau mertua adalah lebih mengenal reaksi pasangan secara murni tanpa pengaruh orang lain. Biasanya pertimbangan mengontrak dipengaruhi oleh lokasi pekerjaan. Tentunya keputusan ini pasti mengundang pergunjingan juga dari orang-orang disekitar.

Harga rumah yang membumbung tinggi di daerah perkotaan membuat generasi milenial mau tidak mau membeli rumah di pinggiran kota agar mendapatkan harga yang lebih murah. Sayangnya pekerjaan tetap berada di kota. Untuk itulah banyak dari mereka yang akhirnya memutuskan untuk mengontrak supaya tidak begitu lelah diperjalanan. Lagipula kalau mengontrak bisa berpindah dengan mudah kalau merasa sudah tidak cocok. Kalau sudah beli mana bisa kan? Tapi harus diperhatikan juga jika anak-anak kakak sudah besar, pengeluaran jadi ikut membesar kalau kakak masih mengontrak lho.

 

3. Mencicil rumah.

Inilah opsi yang paling membuat kita mengencangkan ikat pinggang karena pastinya setiap bulan kita ditagih untuk membayar cicilan yang tidak kecil jumlahnya, dan itu berlangsung selama beberapa tahun. Nah kalau cicilannya sudah lunas, wah pasti rasanya lega sekali ya. Opsi ini juga paling berasa kerja sama dan jerih payahnya bersama pasangan.

Resikonya ya untuk mendapatkan rumah dengan harga terjangkau harus mau tinggal agak jauh dari lokasi kerja. Jadi perjuangan juga untuk bolak balik kantornya ya. Dan paling nyeseknya, sewaktu sedang mencicil ternyata ada kerusakan yang menuntut kita harus merenovasi rumah. Lumayan juga ya biayanya.

 

Menjalani hubungan yang berlanjut ke pernikahan adalah keputusan masing-masing pasangan, sama juga seperti memilih untuk tinggal dimana nantinya. Semua kembali ke diri kita masing-masing, nyamannya dimana, dan pertimbangannya seperti apa. Tapi jangan lupa ya kak, tetap undang Tuhan untuk hadir dalam rumah kakak seperti pada 2 Tawarikh 7: 15-16 yang berbunyi,

Sekarang mata-Ku terbuka dan telinga-Ku menaruh perhatian kepada doa dari tempat ini. Sekarang telah Kupilih dan Kukuduskan rumah ini, supaya nama-Ku tinggal di situ untuk selama-lamanya, maka mata-Ku dan hati-Ku akan ada di situ sepanjang masa.

Sumber : berbagai sumber

Baca juga:

TIDAK PERLU LAGI STRES DAN KHAWATIR, INI 5 CARA AGAR SUPERMOM BISA TETAP BAHAGIA

ANDA DAN PASANGAN SEDANG BERTENGKAR? COBA INGAT 5 AYAT ALKITAB INI

MASIH BINGUNG MENDAPATKAN JODOH YANG EXCELLENT, INI CARANYA KAK

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK