ARTICLE

Thu - Nov 23, 2017 / 3543 /

Musim Hujan Sudah Tiba! Coba 8 Makanan dan Minuman Ini Yuk Agar Badan Hangat

Musim hujan telah tiba, anak semakin rentan terkena flu karena cuaca dingin di luar sana. Ada berbagai macam cara untuk menghangatkan badan. Mulai dari memakai pakaian hangat atau jaket, memakai kaus kaki, tidur dengan selimut, dan menyantap makanan atau minuman hangat.

Tidak semua makanan dan minuman hangat baik untuk tubuh. Makanan dan minuman ini harus dapat menaikkan suhu tubuh secara alami, menyehatkan karena mengandung antioksidan dan nutrisi penguat kekebalam tubuh agar kedepannya anak tidak gampang sakit. Nah berikut makanan dan minuman yang dapat anak dan orang tua konsumsi untuk menghangatkan tubuh.

 

Menyeduh teh panas.

Teh panas dapat meningkatkan panas tubuh dan meredakan hidung yang mampet lho. Karena kandungan polifenol dalam teh berfungsi sebagai antioksidan dan anti-inflamasi yang menjaga selaput lendir selalu lembap dan membantu kita bernapas dengan baik. Sementara kafeinnya meningkatkan metabolisme dengan merangsang pelepasan asam lemak yang kemudian dapat meningkatkan suhu tubuh. Teh panas juga dapat menghambat penyebaran virus karena virus berkembang di bawah suhu tubuh yang normal. Saat sedang kedinginan, segera seduhlah teh hitam ataupun teh hijau panas untuk melawan flu, ya!

 

Sup kaldu ayam + bawang putih + lada yang hangat.

Sup yang dikonsumsi selagi hangat dapat membantu memecahkan atau menipiskan lendir di dalam tubuh. Karbohidrat yang terkandung di dalam kaldunya akan meningkatkan energi, ditambah lagi dengan komposisi sayuran yang kaya akan antioksidan menjadi makanan sempurna untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Jangan lupa untuk membubuhkan lebih banyak bawang putih dan lada di dalamnya untuk meningkatkan sirkulasi, mencegah pembekuan darah, dan memberikan kehangatan yang kamu dambakan.

 

Secangkir oatmeals hangat.

Melahap secangkir oatmeals hangat nggak hanya akan memberimu rasa kenyang yang tahan lama, tapi juga menghangatkan tubuh karena proses pencernaannya menghasilkan energi panas yang lebih banyak. Oatmeals terbuat dari gandum utuh yang diperkaya oleh serat dan protein nabati yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna daripada karbohidrat sederhana seperti kue dan roti manis. Selain itu, oatmeals mengandung pati bertenaga yang disebut beta-glukan. Untuk menambah kandungan nutrisinya, kamu bisa menambahkan susu atau keju. Kamu juga bisa mengombinasikannya dengan irisan pisang dan selai kacang agar rasanya lebih lezat.

 

Wedang jahe

Jahe memiliki rasa pedas dan kualitas termogenik dari kombinasi dua senyawa tajam, yakni gingerol dan shogaol. Jahe dipercaya mampu meredakan sakit kepala dan masalah pencernaan, jahe juga bagus untuk menghangatkan tubuh di cuaca dingin. Sebenarnya, mengunyah jahe mentah bekerja lebih efektif untuk menghangatkan tubuh karena mencerna makanan mentah dapat meningkatkan suhu tubuh untuk waktu yang lebih lama daripada makanan yang dimasak. Namun segelas wedang jahe juga bisa kamu seduh saat badanmu lagi kedinginan karena kehujanan.

 

Sayuran akar dan umbi-umbian hangat.

Sayuran akar dan umbi-umbian seperti kol, ubi jalar, labu, wortel, dan kentang adalah salah satu kelompok sayuran yang paling efektif untuk menghangatkan tubuh. Sayuran dan umbi-umbian ini memerlukan lebih banyak energi untuk diolah dalam tubuh daripada sayuran lainnya. Kelompok sayuran ini juga diperkaya oleh vitamin A dan C, kalsium, kalium, serat, serta sedikit zat besi. Cocoknya hasil tanaman umbi-umbian ini bisa dimasak dengan cara dipanggang, dikukus, dibakar atu dijadikan bubur.

 

Edamame rebus yang hangat.

Sebagian besar toko bahan makanan pokok menyediakan edamame. Nggak perlu repot untuk mendapatkan kelezatannya, cukup rebus edamame bersama garam secukupnya untuk mendapatkan rasa gurihnya. Sekitar 100 gram edamame mengandung 8 gram serat dan 100 kalori. Nggak hanya itu, edamame juga kaya akan protein, folat, vitamin K dan zat besi lho!

 

Makanan pedas dengan cabai.

Mengonsumsi makanan dengan seperti cabai merah mampu merangsang sistem peredaran darah yang menyebabkan sensasi hangat di seluruh tubuh. Ini semua berkat senyawa aktif yang terkandung di dalamnya, yaitu capsaicin. Cabai juga ditemukan berpotensi memiliki efek yang nggak main-main pada perasaan kenyang dan pemecahan lemak tubuh, makanya cabai pun berfungsi untuk menurunkan berat badan. Mengolah cabai dengan mengombinasikannya bersama daging merah akan memberikan kombinasi makanan yang memberikan sensasi hangat di badan.

 

Minuman kayu manis hangat.

Rempah-rempah yang berkhasiat menghangatkan tubuh ternyata bukan jahe saja. Kayu manis yang dikenal dengan aroma istimewanya juga nggak kalah manfaatnya dari jahe. Minuman kayu manis ini bisa mencegah flu dan menaikkan suhu tubuh lho. Ada banyak cara untuk menggunakan kayu manis, yaitu mencampurkannya pada minuman, menjadi bumbu masakan, atau memanfaatkannya untuk campuran roti. Untuk membuat wedang kayu manis, caranya cukup mudah. Rebus air kemudian diamkan dalam api kecil selama lima menit setelah memasukkan kayu manis. Biarkan air mendingin kemudian campurkan madu. Wedang kayu manis ini bisa dinikmati di saat hujan.

 

Tadi sudah dipaparkan 8 makanan dan minuman yang dapat diandalkan untuk menghagatkan badan. Kalau kakak sendiri suka yang mana nih? Boleh lho ditulis di kolom komentar di bawah ini. Selamat menghangatkan tubuh.

Sumber : Hipwee

Baca juga:

SEBAIKNYA ANDA MENGHINDARI 6 KESALAHAN INI KETIKA MENDIDIK ANAK LAKI-LAKI

LAKUKAN 4 LANGKAH INI AGAR SUPERPARENTS DEKAT DENGAN ANAK!

KUATKAN ANAK DENGAN CARA ALKITABIAH INI, AGAR TIDAK MEMUTUSKAN UNTUK BUNUH DIRI

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK