ARTICLE

Tue - Nov 21, 2017 / 3780 /

7 Fakta Tentang NTT yang Perlu Kamu Ketahui Sekarang! (Part 2)

Kemarin kita sudah membahas 4 fakta NTT yang perlu Anda ketahui. Mulai dari pulau, kekayaan alam, masyarakat, beragamnya suku, bahasa, dan budaya di sana. Sekarang akan Superbook paparkan 3 fakta selanjutnya ya.

 

Agama leluhur.

Masyarakat yang ada di NTT mayoritas menganut agama Kristen dan Katolik. Disana juga terdapat agama yang dibawa dari luar dan sampai saat ini masih hidup berdampingan dengan agama asli suku-suku di NTT. Contohnya Marapu di Sumba, ada Jingitiu di Sabu, ada Halaik di Timor, serta beberapa kepercayaan animisme dan dinamisme di beberapa suku. Di NTT ada acara keagamaan yang cukup terkenal. Namanya prosesi Semana Santa. Prosesi ini dilakukan pada saat Paskah yang disebut-sebut menjadikan Larantuka bak Vatikan-nya Indonesia.

 

“The Hobbit”-nya Indonesia dan masalah kekerdilan.

Ingatkah Anda dengan salah satu tokoh yang ada dalam film Trilogi Lord of The Rings ataupun trilogi The Hobbit? Ada tokoh yang digolongkan dalam kelompok hobbit dimana memiliki ukuran tubuh yang kecil. Nah ternyata, pada tahun 2003 di situs penggalian Liang Bua, Flores, ditemukan spesies manusia purba yang memiliki ukuran tubuh sama dengan “hobbit.” Penemuan ini merupakan hal yang luar biasa, sebab spesies manusia purba yang diberi nama Homo Floresiensis hingga saat ini masih terus menerus diperbincangkan dan ditelusuri keberadaannya oleh para ilmuwan.

Di luar dari kenyataan manusia purba yang ada di NTT, mirisnya terdapat 2.891 anak di NTT mengalami kekerdilan. Situasi ini disebabkan oleh kasus gizi buruk yang menimpa anak-anak di sana. 'Untuk itu sekarang ini kita lagi giat mengkampanyekan agar pola asupan gizi di masyarakat selalu diperbaiki dari waktu ke waktu agar bisa mengurangi secara drastis angka gizi buruk yang ada,' kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi NTT Cornelis Kodi Mete saat dihubungi Antara di Kupang.

 

Kering, miskin, dan terbelakang.

Musim hujan tidak berlangsung lama di NTT sebagai perbandingan bila di daerah lain hujan bisa turun selama 3 bulan, di NTT mungkin hanya 1 bulan dalam setahun. Namun beberapa daerah masih kurang mendapatkan sumber air bersih dan MCK yang memadai. Menurut data yang diterima Wahana Visi Indonesia (WVI), kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya menduduki angka gizi buruk tertinggi dengan persentase sebesar 14,15 persen dan gizi baik terendah 83,66 persen. Di samping itu sebesar 95,51 persen keluarga masih BAB sembarangan. Sumba Barat Daya juga masih menjadi area terendah atas sumber air bersih. 

 

Setelah kita mengetahui fakta-fakta tentang NTT, ternyata wilayah Indonesia di bagian timur ini memiliki kekayaan alam yang sangat indah, tapi mereka membutuhkan bantuan kita. Selain karena kemiskinan di tempat ini masih cukup tinggi, kualitas pendidikannya juga tergolong rendah dibandingkan dengan provinsi-privinsi lainnya di Indonesia. Hal ini diungkapkan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan NTT, Sinun Petrus Manuk.

Hal inilah yang menggelitik Superbook untuk turun langsung dan membantu generasi anak-anak di NTT. Dengan memberikan pendidikan agama dan keteladanan melalui Kristus serta para tokoh Alkitab lainnya, diharapkan anak NTT dapat berpikir lebih maju dan dapat menjadi berkat bagi daerahnya.

Dukung kami untuk membuka daerah pelayanan baru di NTT. Kalau bukan Anda yang membantu kami, siapa lagi?

Tuhan memberkati.

Sumber: berbagai sumber

Baca juga :

7 FAKTA TENTANG NTT YANG PERLU KAMU KETAHUI SEKARANG! (PART 1)

TAHUN 2018, WARGA PAPUA AKAN MELAKUKAN “WAJIB BERDOA” LHO! INI CERITANYA

HATI-HATI KIDS ZAMAN NOW BISA TERKENA “HEROIN DIGITAL” LHO! INI PENJELASANNYA

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK