ARTICLE

Wed - Oct 18, 2017 / 2461 /

Mencari Kerja? Tips Menentukan Besaran Gaji Anda

Apakah setelah lulus ingin segera mendapatkan pekerjaan atau sudah bekerja namun ingin pindah ke perusahaan yang lain? Masih bingung berapa gaji yang bisa kamu ajukan pada saat wawancara kerja? Tentu saja selain pertanyaan itu, kita memang harus memiliki kemampuan dan etika bekerja yang baik.

Membicarakan masalah uang memang membuat kita tidak nyaman. Itulah yang membuat beberapa orang ragu untuk menyebutkan nominal gaji yang mereka inginkan pada saat wawancara kerja, bahkan bagi yang pernah memiliki pekerjaan sebelumnya sekalipun. Penting bagi para jobseeker untuk mengetahui batasan gaji di sebuah bidang industri, agar bisa menjadi bekal pada saat interview nanti.

Gaji pertamamu adalah hal yang menentukan perjalanan kariru kedepannya. Jika lebih tinggi dari pasar, awalnya memang menguntungkan tapi kedepannya bisa saja kesulitan karena perusahaan berikutnya bingung menaikkan gaji standar karena gaji awalmu terlalu tinggi. Tapi terlalu rendah juga tidak enak dan kesannya kamu tidak bisa menilai dirimu sendiri.

Jawaban yang TIDAK BOLEH kamu berikan pada saat diberikan pertanyaan “berapa gaji yang Anda harapkan” adalah terserah Anda, saya tidak begitu tahu, dan seberapa besar Anda akan membayar saya. Kalimat ini menunjukkan kalau kamu belum mengenal posisi dan perusahaan yang dituju.

Jadi bagaimana menentukan gaji pertamamu?

Cari Tahu

Selain dari UMR di daerah masing-masing, kamu juga harus tahu berapa nilai gaji standar untuk industri dan posisi yang akan kamu tuju. Hal ini lagi-lagi supaya kamu bisa menilai berapa gaji yang pantas kamu ajukan saat proses wawancara. Situs seperti Qerja.com atau Glassdoor.com memberi rentang gaji untuk pekerjaan dan perusahaan tertentu. Standard gaji di masing-masing industri ataupun perusahaan beda-beda, ini juga tergantung dari skala perusahaan. Misalnya untuk industri perbankan biasanya berkisar dari Rp 2,9 juta – Rp 5,3 juta; industri telekomunikasi berkisar dari Rp 2,5 juta - Rp 5,2 juta ; dan industry kreatif sekitar Rp 4 jutaan.

Selain skala perusahaan, yang perlu kamu ketahui adalah bahwa standar gaji juga ditentukan oleh job valueJob value adalah semacam harga jual pekerjaan kamu. Semakin kompleks pekerjaanmu atau semakin tinggi skills yang dibutuhkan, tentu harganya makin mahal dan gajinya tinggi. Tapi sebaliknya, jika pekerjaanmu tidak membutuhkan skills yang tinggi atau hanya membutuhkan skills yang umum, maka gaji yang akan kamu dapatkan hanya sekitar UMR.

Misalnya, seorang desainer grafis yang hanya mencetak karya cetak mungkin tidak mendapat sebanyak yang membuat animasi dan grafis video.

 

Percaya Diri

Setelah mengetahui standar gaji di perusahaan atau industri yang kamu tuju, jangan ragu untuk menyebut angka pasti yang diinginkan. Hal ini menunjukkan bahwa kamu tahu nilai diri dan menghargai diri sendiri. Namun demikian, jangan juga terlalu percaya diri untuk menyebutkan angka tinggi yang membuat si pewawancara akan mengembalikan CV-mu ke tumpukan ‘Tidak Diterima’.

Yang paling penting saat menentukan gaji pertama adalah, uang tersebut harus bisa mencukupi biaya hidup dan ada jatah menabung. Dari situ kamu bisa mengetahui gaji yang kamu ajukan bisa ‘dinego’ hingga seberapa jauh oleh si pewawancara.

 

Perhatikan fasilitas dan manfaat yang ditawarkan perusahaan

Gina bekerja untuk sebuah organisasi nirlaba. Gajinya dibawah rata-rata dibandingkan dengan teman-temannya; Namun, manfaat kesehatannya sangat bagus --- cakupan rawat inap 80%, tanggungan kaca mata dan gigi setiap tahunnya. Apakah dia dibayar lebih rendah? Dia tidak berpikir begitu.

Ini yang sering terlewatkan oleh lulusan baru (fresh graduate), fasilitas apa yang ditawarkan oleh pemberi kerja? Kesehatan? Transportasi? THR? Atau apa. Kadang-kadang, ada perusahaan yang menawarkan gaji tak terlalu besar, tapi memberikan fasilitas yang cukup lengkap. Misalnya:

- BPJS kesehatan yang wajib diberikan oleh setiap perusahaan kepada karyawan.

- BPJS ketenagakerjaan yang wajib juga diberikan kepada seluruh karyawan.

- Asuransi swasta untuk rawat jalan dan inap, umumnya perusahaan yang sudah establish akan memberikan fasilitas ini pada karyawannya.

- Tunjangan komunikasi, ini umum diberikan pada karyawan perusahaan yang mengutamakan komunikasi dengan klien atau rekan satu tim.

- Transportasi, umumnya diberikan pada karyawan yang letak kantornya cukup jauh dari tengah kota atau pada karyawan yang memiliki mobilitas tinggi seperti account executivearea manager, dan seterusnya

Kadang nih, karena tak memerhatikan fasilitas yang ditawarkan, ketika mendapat tawaran kerja maka akan mengambil yang gajinya lebih besar. Padahal, fasilitas yang ditawarkan oleh perusahaan lain mungkin kalau dihitung, nominalnya akan melebihi gaji yang ditawarkan oleh perusahaan pertama.

 

Hitunglah Biaya Hidup

Anggap saja kamu fresh graduate dari luar kota yang mencari kerja di Jakarta sehingga kamu butuh kost serta konsumsi harian. Simak perhitungan kasar di bawah ini:

Kost = Rp1,000,000

Uang makan [3xRp15,000] x 30 hari = Rp1,350,000

Transportasi dan lain-lain = Rp1,000,000

Jadi, secara kasar saja gaji yang harus kamu terima per bulan setidaknya Rp3,500,000

Ini akan memberi perkiraan berapa banyak biaya yang diperlukan untuk menutupi biaya pengeluaran dasar. Jika tawaran pekerjaan lebih tinggi dari biaya hidup dasarmu, maka kamu tahu ini bisa tercukupi. Perhitungan di atas itu tanpa jajan-jajan atau biaya bersenang-senang dan tabungan, lho.

Dalam situasi yang tidak menguntungkan bahwa tawaran gaji lebih rendah, maka kamu perlu melihat penyesuaian gaya hidup atau pekerjaan alternatif.

Jangan khawatir menyebutkan angka yang terlalu tinggi atau terlalu rendah, karena pewawancara atau perekrut yang baik akan memberi tahu apakah gaji yang kamu minta ada didalam kisaran dari apa yang perusahaan bersedia untuk membayar. Tuhan sendiri dalam firman-Nya telah mengajarkan kita untuk berdoa agar mencukupkan segala yang kita butuhkan (Matius 6: 11). Oleh karena itu, jangan lupa ya Amsal 16: 8, yang bunyinya “Lebih baik penghasilan sedikit disertai kebenaran, dari pada penghasilan banyak tanpa keadilan.

Selamat berburu kerja dan sukses di wawancara kerja nanti!

Baca juga: KERJA SAMPINGAN ITU PENTING LOH UNTUK PEKERJAANMU, INI 4 TRIK AGAR KEDUANYA BERKEMBANG

Source: liveolive.com

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK