ARTICLE

Mon - Sep 04, 2017 / 2399 /

1001 cara menjaga si kecil tetap senang dan tenang menghabiskan seharian bersama Anda

 

Kehabisan ide membuat anak tetap tenang? Coba ikuti ide-ide di bawah ini.

Kesibukan seorang ibu muda dengan anak yang dalam masa pertumbuhan, pastilah membutuhkan banyak kesabaran, kreativitas dan kelapangan hati. Semua ini penting, agar seorang ibu dapat memberikan teladan yang terbaik kepada anak-anaknya. Nah, jika Anda seorang ibu yang suka 'mati gaya' menciptakan kegiatan menyenangkan bagi anak, ayo coba beberapa kegiatan bersama di bawah ini:

Permainan 'berakting'

1. NoBar - Nonton Bersama

Buat jadwal Nobar dengan anak. Satu minggu sekali, tentukan jadwalnya dan pilih bersama film-film yang ingin ditonton. Siapkan camilan kesukaan mereka agar kegiatan ini lebih seru dan mengasyikkan.

2. Membuka restoran

Mulailah kegiatan memasak bersama sesuai menu favorit lalu lakukan stimulasi permainan layaknya sedang berada di restoran dan memilih menu kesukaan. Aktivitas memasak dan tawar-menawar saat membeli bisa menjadi menyenangkan.

3. Berkemah di ruang tamu

Gunakan taplak meja atau seprai untuk membuat tenda dan kain untuk alas tidur. Jangan lupa siapkan senter agar terasa seperti suasana sedang berkemah.

baca juga : Mengenali tanda-tanda anak memiliki potensi Autisme sejak dini

4. Tawarkan untuk bermain kuda-kudaan

Ajak si kecil untuk menunggang di punggung Anda layaknya seperti duduk di atas kuda. Jangan lupa tirukan suara ringkikan kuda saat bermain bersamanya.

5. Mengendarai bus sekolah

Anda dapat berlakon sebagai supir bus dan anak sebagai penumpangnya. Duduk di ujung sofa, biarkan si kecil berada di sebelah Anda lalu akan mereka berimajinasi dengan menciptakan beberapa perhentian guna mengambil penumpang yang lain. Ajak si kecil untuk melambaikan tangan pada beberapa ibu pada setiap bis berhenti.

6. Tirukan gaya binatang

Bunyikan suara kodok dan lakukan lompatan kecil layaknya seekor kodok, menggeliat seperti kucing, berkotek layaknya seekor ayam sambil berjalan berputar-putar.

Kegiatan menarik di kala harus menunggu cukup lama

7. Mewarnai

Siapkan selalu peralatan menulis, menggambar dan mewarnai di tas Anda setiap saat bepergian dengan anak. Di kala si kecil menjadi bosan dan rewel, gunakan 'senjata' tersebut untuk membuat mereka duduk tenang.

baca juga : Yuk kenali arti tangisan bayi Anda. Bagaimana caranya?

8. Boneka tangan

Saat mengunjungi dokter si kecil harus menunggu dalam antrian nomor yang cukup panjang. Coba lakukan aktivitas seperti bercerita dengan memakai boneka tangan bersamanya.

9. Siapkan selalu mainan kecil di tas

Bawalah selalu bila Anda keluar rumah bersama si kecil, agar dia dapat bermain di atas kursi, meja atau pada lengannya dan terus memutari daerah di sekitarnya.

10. Bermain bubble

Setiap anak kecil akan senang melihat bola-bola balon air yang ditiup. Gunakan permainan ini agar anak tidak bosan ketika harus menunggu di pusat keramaian.

11. Kertas dan pena

Ajaklah anak membuat sketsa apa yang dilihatnya ketika harus menunggu. Tetapi cara ini harus digunakan pada si kecil yang sudah cukup mahir menggunakan penanya.

Permainan dengan bola

12. Bermain bowling

Gulingkan bola pada botol-botol minuman kemasan plastik atau kaleng.

13. Berputar sambil bernyanyi

Biarkan si kecil berlari berputar sambil membawa bola menyanyikan lagu anak-anak kesenangannya.

14. Memberikan bola melalui terowongan buatan

Kedua orangtua dan si kecil berada dalam satu barisan dan saling membelakangi dengan kaki ketiganya terbuka. Orang pertama mencoba meraih bola melalui ketiga pasang kaki tersebut.

Kegiatan yang menarik

15. Tebak tepat

Secara bergiliran menguraikan suatu benda yang ada disekeliling, lalu biarkan yang lain menebak nama benda itu.

16. Bermain air

Gunakan selang air dan biarkan anak menikmati asyiknya bermain hujan dengan sedikit guyuran air saat sedang menyiram bunga di pagi hari.

17. Dokter kecil

Siapkan beberapa boneka anak dan binatang, biarkan anak-anak betindak sebagai dokter yang se

dang mengobati pasien yang sakit. Anda juga bisa berperan menjadi pasiennya.

baca juga : 7 sikap Anda yang justru mempermalukan diri Anda sendiri di hadapan anak

sumber : keluarga.com

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK