LATEST ARTICLE

7 Fakta Tentang NTT yang Perlu Kamu Ketahui Sekarang! (Part 1)


Sumber : Mico Verde

Ketika Anda mendengar kata Nusa Tenggara Timur (NTT), apa yang terbesit dalam benak Anda? Mungkin ada yang menjawab Timor Leste ya. Bagian dari Pulau Timor yang kini sudah tidak masuk dalam kedaulatan Indonesia lagi. Tapi tahukah Anda kalau Pulau Komodo dan Labuan Bajo yang indah itu ternyata terletak di NTT lho!

Walaupun banyak keindahan alam yang ada di sana, ternyata masyarakat disana masih membutuhkan uluran tangan kita lho. Tapi sebelum kita lebih jauh membahas tentang apa yang menjadi kebutuhan mereka, simak fakta-fakta menarik tentang NTT dulu yuk.

 

1. Terdiri dari banyak pulau dan memiliki pantai yang sangat indah.

Sudah tidak asing jika Indonesia dikenal sebagai negara kepulauan. Nah NTT adalah salah satu bagian Indonesia yang menyumbang pulau terbanyak juga. NTT dikenal sebagai provinsi yang terdiri dari banyak pulau, sampai-sampai orang menyebutnya sebagai FLOBAMORA atau terdiri dari singkatan FLOres, SumBA, TiMOR, dan Alor. Itulah beberapa pulau yang ada di NTT. Sebenarnya masih banyak pulau lainnya, totalnya mencapai 1.192 pulau! Buanyak sekali yaa? Dari pulau sebanyak itu, 44 pulau dihuni manusia sedangkan 1.148 berupa pulau tidak berpenghuni.

 

2. Mempunyai kekayaan alam yang indah.

Karena NTT terdiri dari banyak pulau, tentu saja mereka punya banyak pantai dan keindahan laut. Bisa dikatakan NTT adalah surganya pantai lho. Pantainya tidak kalah indah dibanding pantai di Bali dan NTB. Di Pulau Timor ada Pantai Wini, Pantai Kolbano, Pantai Lasiana, Pantai Tablolong, dan Pantai Oetune. Di Pulau Flores ada Pantai Pink, taman 17 laut, Pantai Koka. Dan di Pulau Sumba ada Pantai Nihiwatu yang masuk 20 besar pantai terindah di dunia, Pantai Bwana, di Rote ada Pantai Nembrala yang sering menjadi tempat ajang selancar internasional tiap bulan September – Oktober. 

Bukan hanya pantai saja, NTT punya taman laut terbaik di dunia lho, namanya Taman Laut Selat Pantar di Pulau Alor. Taman laut ini salah satu destinasi favorit para penyelam kelas dunia dari Amerika, Australia, Austria, Inggris, Belgia, Belanda, Jerman, Kanada, Selandia Baru, dan beberapa negara di Asia. Ken Parker, salah satu penyelam kelas dunia dari Amerika Serikat yang menyatakan “More big fish, prolific swarming masses of schools than anywhere I’ve seen in 20 years of diving.” Ada pula Michael AW, fotografer asal Singapura yang menyatakan bahwa Taman Laut Selat Pantar Merupakan salah satu tempat diving kelas dunia!

 

3. Beragam suku, budaya, dan bahasa.

Dengan jumlah pulau yang banyak, tidak mengherankan kalau budaya, bahasa, bahkan tata cara dan adat istiadat masyarakat NTT sangatlah beragam. Masing-masing pulau memiliki bahasa dan budaya yang berbeda-beda. Pulau Timor, misalnya. Bahasa daerah Timor Tengah Selatan berbeda dengan Timor Amarasi (Amfoang), dengan Timor Tengah Utara, bahkan dengan orang Timor Betun (Atambua).

Masih ingat cerita Presiden Joko Widodo yang kaget ketika disambut warga NTT dengan ciuman hidung? Tradisi cium hidung di kalangan Suku Sabu yang menandakan kekeluargaan, atau suguhan sirih pinang sebagai penyambut tamu di Suku Dawan (Timor).

 

4. Orang NTT tidak semuanya kasar dan menyeramkan lho!

Coba Anda deskripskan bagaimana tampilan orang NTT? Kulit yang gelap, tidak begitu tinggi, dan masih banyak lagi. Mungkin ada beberapa orang yang beranggapan orang NTT itu berwatak kasar. Padahal jika Anda pergi kesana, mereka akan menyambut dengan hangat dan memberikan senyuman bersahabat. Lingkungan ala yang sulit tidak membuat mereka berlaku kasar.

 

Itulah sebagian fakta yang dipaparkan tentang NTT. Besok kita akan mengetahui lebih lanjut fakta-fakta dari NTT yang lebih MENCENGANGKAN lagi.

Sumber: berbagai sumber

Baca juga:

TAHUN 2018, WARGA PAPUA AKAN MELAKUKAN “WAJIB BERDOA” LHO! INI CERITANYA

HATI-HATI ANAK ANDA BERPOTENSI PUNYA KEINGINAN BUNUH DIRI! INI FAKTORNYA

INILAH 7 PAHLAWAN ALKITAB VERSI SUPERBOOK. PAHLAWANMU YANG MANA?

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.


4.076

GEREJA

237.099

ANAK

2590

SPONSOR

Copyright © 2016. SUPERBOOK