LATEST ARTICLE

Walaupun Sulit 5 Cara Pengasuhan Ini Baik Untuk Karakter Anak Anda


Sumber : unsplash.com

Anak-anak adalah titipan Tuhan yang memang harus dididik dan diasuh dengan benar sesuai kehendak-Nya. Mereka seperti kertas putih yang masih polos, dan kita sebagai orangtua yang akan mengukir dan membentuk kertas putih itu agar menjadi sesuatu yang indah, berguna sesuai dengan harapan kita. Dan kita sebagai orangtua yang takut akan Allah harus berani dan membentuk anak-anak memiliki karakter Kristus. Sama seperti Allah yang mengirimkan Putra-Nya yang tunggal ke dunia dan melewati berbagai rintangan. 

Berikut lima hal yang harus kita latih kepada sang buah hati walaupun itu sulit dilakukan:

  • Pertama, Membiarkan mereka sendiri dalam menghadapi kesulitan

Semua orangtua pasti menjaga dan melindungi anak-anaknya dari kesulitan, kesusahan, dan semua ketidakbaikan, tetapi membiarkan mereka merasakan kesulitan adalah hal berat untuk kita lakukan. Seperti yang sudah dibahas di atas bahwa kita harus berani serta percaya kepada Tuhan yang telah memberikan kita kekuatan sebagai orangtua dan sebagai anak-anak Allah, demikian juga Allah yang memberikan kekuatan kepada anak-anak kita untuk melewati kesulitan hidup dan keluar sebagai pemenang.

 

  • Kedua, Memungkinkan mereka membuat keputusan sendiri

Menentukan keputusan seringkali membuat kita sebagai orang dewasa bingung tetapi bagi anak-anak itu adalah hal gampang karena mereka belum bisa memikirkan sebab dan akibat dari keputusan tersebut. Kita juga tahu bahwa kita tidak selamanya mengatur kehidupan anak-anak karena itu kita harus tetap mengandalkan Tuhan untuk turut bekerja dalam keputusan yang telah dibuat oleh mereka.

 

  • Ketiga, Mengampuni mereka

Saat mereka membuat emosi kita tak tertahankan, kita harus ingat bahwa mereka adalah titipan Tuhan. Sama seperti yang Tuhan telah ajarkan bahwa kita harus mengampuni dan mengasihi, maka seperti itulah yang harus kita lakukan kepada mereka. Tuhan sangat mengasihi kita umat-Nya walaupun kita masih berbuat salah, begitu juga kita harus mengikuti kebesaran hati Tuhan.

baca juga : Menjadi Ibu Yang Setia Dan Tak Hanya Sibuk, Ini 5 Tipsnya

  • Keempat, Membebaskan mereka 

Mazmur 127:4 dikatakan, “Seperti anak-anak panah di tangan pahlawan, demikianlah anak-anak pada masa muda.” Yup, anak-anak seperti panah yang harus dibawa keluar dari tabungnya dan ditembakkan ke dunia untuk memenuhi panggilan Allah bagi hidup mereka. Saat kita melepaskan dan membebaskan mereka, kita harus mengetahui dahulu bahwa itu adalah panggilan Tuhan dan Dia-lah yang akan menjaga anak-anak dengan sangat baik melebihi kita orangtuanya. 

 

  • Kelima, Melindungi mereka dari keegoisan kita sendiri

Terkadang hal-hal yang kita ucapkan atau lakukan pada mereka adalah bukan untuk kebaikan mereka sendiri melainkan untuk kebaikan kita. Kita sebagai orangtua harus mengakui bahwa kita bukan orangtua yang sempurna dan tak berdosa. Sebab itu minta Roh Kudus selalu mengontrol hati kita untuk berkata dan bertindak, ijinkan keegoisan kita dihapuskan dan hidup menurut apa kata Tuhan.

baca juga : Tanyakan 5 Pertanyaan Ini ke Anak Sebelum Nonton Televisi dan Main Games

Sumber : ChristianToday/Jawaban.com


3.867

GEREJA

222.593

ANAK

3079

SPONSOR

Copyright © 2016. SUPERBOOK