ARTICLE

Fri - Feb 16, 2024 / 205 / Parenting

Yuk, SuperMom dan SuperDad, Menggali dan Membangun Bakat Anak dengan Baik

Setiap anak adalah anugerah spesial yang Tuhan berikan kepada kita. Mereka punya beragam bakat dan potensi yang menunggu untuk ditemukan dan dikembangkan. Sebagai orang tua, tugas kita adalah mendampingi mereka dalam proses penemuan dan pemanfaatan bakat-bakat ini. Tidak hanya untuk kebahagiaan mereka sendiri, tapi juga untuk melayani Tuhan dan sesama dengan baik. Ketika kita mulai memahami lebih dalam bakat mereka dan memberikan dukungan yang mereka butuhkan, kita membuka jalan bagi mereka untuk menemukan kepuasan dan kebahagiaan dalam melayani Tuhan sesuai dengan kepribadian dan minat mereka.

Mari Mulai dengan Membantu Anak Menemukan Bakat Mereka

Langkah pertama yang bisa kita lakukan adalah berbicara dengan anak-anak kita. Ajak mereka untuk berbagi tentang apa yang mereka sukai dan apa yang membuat mereka bersemangat. Dorong mereka untuk mencoba berbagai aktivitas dan hobi, dan kita bisa perhatikan di mana mereka menunjukkan bakat dan minat yang kuat.

Berikanlah Anak-anak Kita Peluang yang Layak

Setelah kita mulai mengetahui bakat-bakat anak-anak, mari berikan mereka kesempatan untuk lebih mengembangkannya. Ajak mereka untuk bergabung dalam aktivitas gerejawi seperti paduan suara, grup musik, atau berpartisipasi dalam pelayanan di sekolah minggu. Di luar gereja, mari kita dukung mereka untuk mengikuti kursus atau klub yang sesuai dengan bakat dan minat mereka, entah itu di bidang seni, olahraga, atau hal lainnya.

Jangan Lupa Memberikan Dukungan dan Penghargaan

Sebagai orang tua, peran kita sangatlah penting. Mari tunjukkan apresiasi dan pujian ketika anak-anak menggunakan bakat mereka untuk melayani, seperti ketika mereka bernyanyi di gereja atau menggambar untuk kegiatan amal. Ini akan sangat membantu mereka merasa didukung dan termotivasi untuk terus berkembang.

Mari Juga Dorong dengan Kasih

Selain memberikan pujian, kita juga perlu memberikan dorongan positif dengan penuh kasih sayang. Berikanlah anak-anak kita semangat untuk terus mengembangkan bakat mereka, meskipun mereka menghadapi kesulitan atau kegagalan. Ingatkan mereka bahwa melayani Tuhan bukanlah tentang kesempurnaan, tapi tentang kemauan untuk terus belajar dan berkembang.

Bersama-sama, Kita Membangun Generasi Muda yang Bersemangat dalam Melayani

Dengan membimbing anak-anak kita dalam mengembangkan dan memanfaatkan bakat mereka untuk melayani Tuhan, kita membantu membangun generasi yang penuh semangat dan antusiasme dalam memberikan kontribusi bagi kerajaan-Nya. Mari kita jadi sumber inspirasi dan dukungan bagi mereka, agar setiap anak dapat merasakan kebahagiaan dan kepuasan yang mendalam dalam melayani Tuhan dengan bakat yang telah diberikan-Nya kepada mereka. Ayuk, Bunda dan Ayah, mari kita bersama-sama membuat hal ini menjadi kenyataan!

Jery Patampang

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK