ARTICLE

Wed - Jun 07, 2023 / 344 / Parenting

Ini Cara Supaya Anak Nikmati Momen Keluarga Tanpa Gadget

Orang tua menjadi teladan bagi kebiasaan anak. Di zaman serba gadget ini, ketergantungan anak terhadap gadget sudah jadi persoalan yang harus dijawab oleh orang tua. Tak sedikit dari anak dibiasakan bermain gadget tanpa batas waktu, sampai akhirnya mengalami ketergantungan.

Ini adalah salah satu tantangan besar yang sedang dihadapi banyak orang tua di zaman ini. Bahkan waktu kebersamaan menikmati momen keluarga pun dicuri oleh gadget.  Lalu bagaimana harus menghadapi tantangan ini? Mari belajar dari pasangan muda Ardo dan Dinda.

Sebagai orang tua muda modern yang akrab dengan gadget, Ardo dan Dinda menyadari tantangan dari kecanduan yang akan dialami anak terhadap gadget. Tapi pasangan ini memilih untuk mencegah dampak tersebut setelah menemukan cara terbaik untuk membuat anak tetap menikmati momen kebersamaan dengan orang-orang di sekitar mereka walaupun tanpa gadget.

'Ya, kami akui dulu Arvel dan Naya selalu membawa iPad di tasnya saat family time, karena khawatir mereka bosan saat menunggu di restoran. Sekarang mereka sudah paham bahwa saat menunggu di restoran, aktivitas yang dilakukan adalah menggambar,' ungkap Ardo.

 

Baca Juga: LEPAS DARI KECANDUAN GADGET

 

Dari kebiasaan Arvel dan Naya bermain iPad saat makan di restoran, pasangan ini berusaha mencari solusi bagaimana mengubah kebiasaan tersebut menjadi sesuatu yang lebih menarik dan membuat anak-anak menikmati momen bersama.

Salah satu cara yang ditemukan oleh Ardo dan Dinda adalah ketika suatu kali anak-anak lupa membawa iPad saat hendak makan di restoran. Muncul ide dari pasangan ini untuk mengisi waktu bersama anak-anak dengan aktivitas menggambar dan menulis menggunakan kertas gambar dan pensil setiap kali mereka menghabiskan quality time di restoran. Sejak momen pertama itu, Arvel dan Naya malah ketagihan menggambar di sela-sela menunggu di restoran.

'Dampaknya adalah kita bisa lebih dekat saat family time, yang mungkin hanya bisa dilakukan saat akhir pekan. Saat makan, kami juga merasa bahagia karena bisa berbicara dengan anak-anak tanpa teralihkan oleh gadget masing-masing,' jelas Ardo.

Selain menerapkan cara ini, Ardo dan Dinda juga sangat berhati-hati dalam menggunakan gadget. Mereka hanya mengakses gadget saat benar-benar diperlukan, seperti untuk urusan pekerjaan, dan di luar momen quality time bersama keluarga. Anak-anak juga diberikan waktu terbatas untuk bermain gadget. Tidak disangka, strategi ini berhasil meningkatkan bonding mereka sebagai keluarga.

Baca Juga: PENTINGNYA MURIDKAN ANAK SEJAK SEKARANG BIAR TAK ALAMI KECANDUAN BERBAHAYA INI

 

Bagi Superparents yang mungkin butuh tips mencegah anak kecanduan gadget, yuk coba cara pasangan ini. Mulai dengan 3 langkah ini:

- Ganti gadget dengan buku gambar atau mainan saat sedang momen keluarga di luar

- Hindari bermain gadget di depan anak

- Pasang batas waktu anak bermain gadget setiap hari

- Ciptakan momen-momen kumpul bersama yang berkualitas tanpa gadget

Kecanduan terjadi karena sebuah kebiasaan. Jadi, belum terlambat buat Superparents membangun kebiasaan baru bersama anak-anak. Tapi bukan harus jadi orangtua anti-gadget ya!

Amsal 29:17, Didiklah anakmu, maka ia akan memberikan ketenteraman kepadamu, dan mendatangkan sukacita kepadamu.

Lori Mora

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK