ARTICLE

Fri - Oct 04, 2019 / 350 / Sunday School

BAHASA KASIH ANAK SEKOLAH MINGGU KU (PART 3): SI PENOLONG YANG MANDIRI

Kak, pernah gak sih, dalam pelayanan, kita ketemu anak yang senang sekali membantu orang lain. Bahkan, anak itu rela tidak melakukan bagiannya hanya demi membantu orang lain. Kalau ada, berarti itu adalah anak dengan bahasa kasih tindakan. Ini adalah bahasa kasih ketiga dari lima bahasa kasih yang akan kita bahas setiap hari Jumat. Kira-kira, seperti apa sih anak dengan bahasa kasih tindakan?

Baca juga: GENERASI ANAK INDONESIA DALAM BAHAYA! SAATNYA PEJUANG GENERASI ANAK BERJUANG!

  1. Senang menolong orang lain

Mereka adalah anak yang sangat suka menolong orang lain. Bahkan, ketika orang lain dalam kesusahan, mereka sangat rela untuk meninggalkan pekerjaan yang sedang mereka tinggalkan, hanya untuk hadir dan membantu orang tersebut. Contohnya, ketika ada anak sekolah MInggu yang terjatuh dan luka ketika sedang bermain bersama temannya, ia dengan cepat menolong dan melapor kepada kakak sekolah Minggunya. Bagi mereka, itu sangat menyenangkan.

Sumber:  Real Good
  1. Senang meminta bantuan

Pada dasarnya, anak dengan bahasa kasih ini adalah anak yang sangat mandiri. Ia bisa melakukan semuanya sendiri. Tapi, kadang ia suka meminta bantuan kepada orang lain, bukan karena ia butuh. Ia hanya ingin orang lain melakukan sesuatu untuk mereka. Seperti contoh, kita bantu membereskan peralatan sekolah Minggu mereka ketika pulang. Hal itu saja sudah sangat membahagiakan mereka.

Jadi, gimana sih caranya melayani mereka?

  1. Hargai bantuan mereka

Ketika anak dengan bahasa kasih ini menawarkan bantuan, terima saja kak. Ia lakukan itu hanya karena ingin mengasihi kakak. Ketika kakak tolak, ia merasa bahwa bantuannya tidak diperlukan. Jadi, ketika ia menawarkan bantuan, terima saja, kecuali jika mereka menawarkan bantuan untuk sesuatu yang mereka tidak bisa lakukan.

Sumber: Wajibbaca.com
  1. Hargai permintaan bantuan mereka

Ingat kak, kebanyakan anak dengan bahasa kasih tindakan dasarnya adalah anak mandiri. Mereka meminta bantuan, terkadang, bukan karena mereka butuh. Mereka hanya ingin dibantu oleh kakak. Jadi, terima saja permintaan bantuan dari mereka kak.

Baca juga: PELAYAN GENERASI ANAK HARI GINI GAK SUKA BELAJAR? YUK, BERUBAH!

Wah, ternyata anak dengan bahasa kasih tindakan sangat menarik ya. Kakak pun bisa belajar bagaimana cara mengenali dan menangani mereka di sekolah Minggu kakak nanti. Setiap Jumat, kita akan bahas tentang bahasa kasih loh kak. Jadi, sampai jumpa di Jumat depan.

Daniel Okta

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK