ARTICLE

Fri - Nov 10, 2023 / 1782 / Sunday School

7 TEMA NATAL SEKOLAH MINGGU DAN KEGIATAN YANG BISA DILAKUKAN

Natal di Sekolah Minggu adalah momen penuh kegembiraan dan dinantikan oleh anak-anak. Anak-anak merayakan kelahiran Yesus melalui cerita Alkitab, lagu-lagu penuh semangat, dan kegiatan kreatif.

Suasana hangat dan bersemangat membawa kegembiraan Natal ke dalam hati setiap anak. Kalau kakak-kakak masih bingung memilih tema Natal untuk di Sekolah Minggu nanti, 7 tema Natal ini bisa jadi inspirasi lho!

1. Yesus Datang untuk Membawa Harapan (Yesaya 9:6)

Kelahiran Yesus membawa harapan bagi seluruh umat manusia. Ayat Yesaya 9:6 menggambarkan-Nya sebagai 'Penasehat Ajaib, Allah yang Perkasa, Bapa yang Kekal, Raja Damai.'

Kegiatan yang bisa dilakukan saat natal:
Pertunjukan dramatis tentang kedatangan Yesus, melibatkan anak-anak, menyoroti bagaimana Dia membawa harapan dunia. Berbicara bersama anak-anak mengenai arti harapan yang dibawa Yesus.

2. Kelahiran di Gua Betlehem (Lukas 2:6-7)

Kisah kelahiran Yesus di kandang domba Betlehem menonjolkan kerendahan hati-Nya. Anak-anak belajar nilai kerendahan dan kasih Tuhan untuk semua.

Kegiatan yang bisa dilakukan saat natal:
Ajak anak-anak buat replika gua sederhana tempat kelahiran Yesus, ceritakan sederhananya dan pesan bahwa kelahiran-Nya adalah tanda Allah bagi semua.

3. Natal sebagai “Pesta” Kebenaran (Yohanes 14:6)

Yesus berkata, “Akulah jalan, kebenaran, dan hidup.” Anak-anak diajak memahami Natal sebagai menerima kebenaran Kristus, satu-satunya jalan mengenal Allah.

Kegiatan yang bisa dilakukan saat natal:
Buat permainan kuis tentang kebenaran Yesus untuk anak-anak, dorong mereka memahami pentingnya kebenaran Kristus dalam hidup mereka.

4. Natal sebagai Waktu Berbagi (Kisah Para Rasul 20:35)

Ajarkan anak-anak bahwa 'memberi lebih berbahagia daripada menerima.' Natal memotivasi semangat berbagi, mengajarkan nilai pemberian, kasih, dan belas kasihan seperti yang diajarkan Yesus.

Kegiatan yang bisa dilakukan saat natal:
Ajak anak-anak berpartisipasi dan bicara tentang berbagi kasih di Natal, melalui kegiatan amal seperti pengumpulan makanan atau mainan.

5. Keluarga dan Persatuan (Keluaran 20:12)

Natal mengajarkan tentang persatuan keluarga sebagai karunia Tuhan. Sama seperti keluarga Kudus di Betlehem, jaga kebersamaan dan cintai sesama.

Kegiatan yang bisa dilakukan saat natal:
Buat waktu khusus bersama anak-anak, bicarakan kecintaan mereka pada keluarga, rayakan Natal sebagai momen kebersamaan dan perayaan bersama.

Anastasia Aprita Lusi Ekanaru

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK