ARTICLE

Tue - Nov 21, 2023 / 318 / Sunday School

5 IDE ANTI MAINSTREAM UNTUK MENGAJARKAN ANAK MENDALAMI ARTI NATAL YANG SEJATI

Natal adalah momen penting yang memiliki makna mendalam. Agar Natal tidak hanya menjadi selebrasi yang dirayakan setiap tahunnya dengan kumpul bersama keluarga, makan-makan ataupun dekorasi lainnya. SuperTeachers perlu memastikan bahwa anak-anak mengerti makna Natal yang sejati.

Bagaimana SuperTeachers dapat membantu anak-anak memahami arti Natal yang sejati? Berikut ini adalah 5 ide aktivitas anti mainstream yang dapat SuperTeachers lakukan untuk membantu anak-anak mendalami pemahaman tentang makna Natal.

1. Petualangan Jejak Natal

Buat jejak atau rute di sekitar gereja atau tempat ibadah sekolah minggu yang didekorasi untuk menunjukkan peristiwa-peristiwa penting dalam kisah kelahiran Yesus. Dengan aktivitas ini anak-anak dapat mengikuti petunjuk dan memahami kronologi peristiwa Natal.

2. Membuat Kado Natal dengan Makna

Anak-anak dapat membuat kartu Natal kreatif atau kerajinan tangan yang mencerminkan pesan kasih dan damai yang dibawa oleh kelahiran Yesus. Kegiatan ini tidak hanya melibatkan anak-anak secara aktif tetapi juga memberikan hasil karya yang bernilai.

3. Pameran Karya Natal Anak-anak

Adakan pameran karya Natal yang dibuat oleh anak-anak. Pameran ini dapat mencakup hasil karya mereka seperti lukisan, puisi, atau kerajinan tangan yang terinspirasi dari kisah kelahiran Yesus. Ini bukan hanya menjadi momen kreatif, tetapi juga memberikan kesempatan bagi SuperParents untuk melihat perkembangan kerohanian anak-anak.

4. Drama Natal Interaktif

Adakan drama Natal interaktif di Sekolah Minggu dengan melibatkan anak-anak memainkan tokoh-tokoh dalam kisah kelahiran Yesus. Hal ini akan memberikan mereka pengalaman langsung dan memperdalam pemahaman mereka tentang makna sejati Natal.

5. Sesi Diskusi Kelompok Kecil

Susun sesi diskusi kelompok kecil setelah penyampaian materi Natal. Berikan pertanyaan-pertanyaan reflektif yang dapat merangsang pemikiran anak-anak tentang makna Natal. Diskusi ini memberikan kesempatan bagi mereka untuk berbagi pandangan dan mengembangkan pemahaman bersama.

Dengan menerapkan ide-ide anti mainstream ini, SuperTeachers tidak hanya membantu anak-anak memahami arti Natal yang sejati tetapi juga menciptakan kenangan yang tak terlupakan. Melalui pembelajaran yang kreatif dan inovatif memungkinkan anak-anak merasakan kehadiran Yesus Kristus dengan cara yang menyentuh hati dan mendalam.

Audreyline S. Candy

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK