ARTICLE

Tue - May 24, 2022 / 468 / Parenting

3 Pelajaran Berharga Soal Tubuh yang Perlu Moms Ajarkan ke Anak

Menyadari bahwa tubuh itu berharga adalah pelajaran yang harus orangtua ajarkan ke anak.

Akan jauh lebih mudah bagi anak untuk memahaminya saat moms sudah memperkenalkan anak tentang Tuhan.

Menumbuhkan pemahaman kerohanian ke anak gak dibatasi oleh usia. Karena semakin dini anak dibiasakan mendengar firman Tuhan, semakin baiklah pertumbuhannya. Bahkan saat dalam kandunganpun janin perlu dibiasakan mendengar firman Tuhan, lagu rohani dan hal-hal yang berbau kerohanian.


Setelah anak beranjak balita, moms perlu menanamkan anak tentang identitasnya. Anak harus tahu siapa dia di dalam Tuhan, termasuk kenapa dia harus dilahirkan dengan kondisi fisik tertentu. Seperti kulit hitam, putih, sawo matang, rambut keriting, lurus, ikal, hidung pesek atau mancung dan sebagainya.

Mengenali siapa dia melalui bentuk tubuhnya adalah pelajaran yang tidak boleh dilewatkan oleh moms. Karena dari tubuh kita bisa memperkenalkan bagaimana Tuhan menciptakan setiap orang dan bagaimana Tuhan memakai tubuh kita sebagai bentuk penghormatan atas karya-Nya.

Bagaimana anak menghormati, merawat, dan menjaga tubuhnya sangatlah penting. Moms harus memastikan anak mengucap syukur atas tubuhnya dan membuatnya bahagia sebagaimana adanya dia.

Secara umum ada 3 pelajaran penting tentang tubuh yang perlu moms ajarkan ke anak, diantaranya:

1. Tubuh adalah pemberian Tuhan

Kejadian 2: 7 berkata, “…ketika itulah TUHAN Allah membentuk manusia itu dari debu tanah dan menghembuskan nafas hidup ke dalam hidungnya; demikianlah manusia itu menjadi makhluk yang hidup.”

Tuhan sudah tahu siapa kita sebelum Dia membentuk kita. Jadi, ingatkan anak kalau tubuhnya bukan miliknya sendiri. Itu hanyalah pinjaman yang suatu saat akan hancur dan mati dimakan rayap.

 

BACA JUGA: SEMPAT MENYESAL LAHIR KE DUNIA KARENA BENTUK TUBUHNYA, KINI GABE BERSYUKUR

 

2. Tubuh adalah buatan tangan Tuhan yang menakjubkan

Tubuh hanyalah sesuatu yang sementara. Karena itu ajarkan anak bahwa yang terpenting dari tubuh yang dimilikinya adalah bahwa Tuhan memandang berharga setiap karya tangan-Nya.

“Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadianku dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.” (Mazmur 139: 14)

 

3. Tubuh adalah bait Roh Kudus

Paulus mengingatkan kita dalam 1 Korintus 6: 19-20 bahwa, “Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam di dalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah, --dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!”

Jadi, ingatkan anak bahwa tubuh mereka bukanlah miliknya sendiri. Karena itu dorong dia untuk memuliakan Tuhan melalui tubuhnya.

 

BACA JUGA: TUBUHKU TIDAK SEMPURNA



Tubuh bisa merepresentasi tentang kematian dan kebangkitan di dalam Yesus. Dalam kematian dan kebangkitan itu, Yesus telah menyatakan diri-Nya di dalam kita.

Jadilah teladan bagi anak tentang cara memperlakukan tubuh mereka sebagai pemberian yang harus dirawat dan dijaga. Bantu mereka ketika mulai merasa bingung dengan cara memuliakan Tuhan lewat tubuh mereka.

Lori Mora

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK