NEWS

Fri - Apr 05, 2019 / 299 /

Pemulihan Terjadi Atas Sentani

Hujan deras mengguyur Kota dan Kabupaten Jayapura disambut dengan sahut-sahutan petir di malam itu (16/03). Air dari pegunungan Cycloops disertai lumpur dan pasir ikut hanyut menambah suasasana mencekam. Teriakan minta tolong disertai tangisan menggema namun tetap kalah dengan suara gemuruh alam.

Baca juga : CELENGAN SUPERBOOKKU!

Banyak rumah yang hanyut dan rusak, hanya tinggal pondasi. Ratusan orang meninggal, ada yang mengalami luka berat dan ringan, dan 131 orang dinyatakan hilang. Sebanyak lima distrik terkena dampaknya, seperti Sentani, Waibu, Sentani Barat, Ravenirara, dan Depapre. Lebih dari sebelas ribu orang mengungsi di 28 titik. Fasilitas kesehatan seperti Puskesmas, Markas Angkatan Udara dan Bandara Advent Doyo terhenti pelayanannya. Semua karena genangan air, lumpur dan pasir yang hampir menutup hingga atap.

29 Maret 2019, setelah 14 hari dinyatakan sebagai masa tanggap darurat, kini badai telah berakhir. Namun masih banyak warga yang tinggal di kamp-kamp pengungsian karena tempat tinggalnya sudah rusak dan hanyut. Salah satu cerita datang dari Risky Werinusa. Malam itu ia dan keluarganya sedang melakukan aktivitas seperti biasa di rumahnya. Tapi siapa sangka, badai malam itu datang dan menghanyutkan anaknya yang bungsu, Alki (2 tahun).

Rencana manusia bukanlah rencana Allah. Risky harus menerima kenyataan pahit ini bersama rumahnya yang kini rusak parah. Lebih kurang seminggu pasca banjir melanda, Tuhan membuka jalan. Jenazah Alki ditemukan dan akhirnya bisa disemayamkan di tempat peristirahatan terakhir. Ini hanya satu dari banyak kisah di Sentani. 

Baca juga : PARADIGMA BARU UNTUK MENGAJAR

Tidak hanya orang dewasa yang mengalami kesedihan dan trauma, hal ini juga turut dirasakan oleh anak-anak yang kini tinggal di pengungsian. Untuk itulah, pada 17 Maret 2019 Fasilitator Superbook di Sentani bersama gereja-gereja mitra Superbook tergerak untuk memberikan bantuan dan menghibur anak-anak di pengungsian. Gereja-gereja yang bergabung diantaranya GBI Keluarga Perjanjian Baru, GBI Rock, GBI Barukh El Sahim, GBGP Bait El, GPI Jalan Suci, GBI Alfa Moria, GKKD New Life, TK Pertiwi, dan GBI Blessing Papua Ministry Abe.

Selain memberikan bantuan, tanggal 21 Maret, mereka juga melakukan pelayanan pemulihan pasca banjir lewat ibadah, berdoa bersama, bermain, bercerita, dan menggambar. Keceriaan perlahan mulai tampak di wajah anak-anak tersebut. Mari kita doakan bersama agar pemulihan dari Tuhan terus menyertai anak-anak dan para korban yang masih mengungsi maupun kehilangan orang-orang tercintanya. Kiranya kasih Kristus menghibur mereka di masa kini. Tuhan Yesus memberkati.

Liana M. Tapalahwene

Fasilitator Superbook - Sentani
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK