NEWS

Tue - Mar 02, 2021 / 413 /

Mengenal Bahasa Kasih Anak Agar Bisa Berkomunikasi Secara Efektif di Sekolah Minggu

Komunikasi adalah hal yang sangat penting bagi manusia. Komunikasi pastinya melibatkan bahasa. Dan ternyata, agar anak mau mendengarkan dan menuruti kata orang tua atau guru sekolah minggunya, diperlukan keterampilan kita untuk mengenali bahasa kasih anak. Saat kita bisa mengenalinya secara tepat, maka anak pun akan lebih engage dengan kita lho!

Banyak dari kita mungkin masih asing dengan istilah ‘bahasa kasih’ ini. Tapi melalui Training Super Teacher Online yang ke-5 lalu, guru sekolah minggu dari seluruh Indonesia belajar bersama bagaimana cara mengenali dan menggunakan bahasa kasih ini kepada anak. Kegiatan ini telah berlangsung dari tanggal 15-19 Februari 2021 kemarin. Kegiatan ini dibuat beberapa hari dan berbeda waktu, agar bisa memfasilitasi semua guru-guru sekolah minggu di seluruh Indonesia dengan lebih maksimal.

Baca juga : BERANI BERKATA BENAR DEMI KEBAIKAN ORANG BANYAK

Dengan tema Bahasa Kasihku, Kak Hermanto, Church Network CBN Indonesia, memaparkan lima jenis bahasa kasih anak. Mulai dari sentuhan fisik, kata-kata peneguhan, quality time, hadiah, dan tindakan melayani. Menurutnya, saat anak masih bayi sampai balita, biasanya mendapatkan hampir seluruh bahasa kasih dari orang tuanya. Namun seiring perkembangan usia, setiap anak akan memiliki bahasa kasih yang lebih spesifik, misalnya kata-kata peneguhan seperti, “Wah, kamu hebat!”, “Good job!”, “Kamu luar biasa”, dll.

Training ini diharapkan bisa membantu para guru sekolah minggu agar bisa melayani secara maksimal karena telah mampu mengenali bahasa kasih masing-masing anak. Guru sekolah minggu juga bisa membagikan hasil training ini kepada orang tua yang merasa kersulitan berkomunikasi dengan anak-anaknya.

Baca juga : RAYAKAN PASKAH MELALUI KEGIATAN SERU BERSAMA KELUARGA

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada para sponsor Superbook yang terus mendukung pemuridan generasi anak di Indonesia, dan juga perkembangan para guru-guru sekolah minggunya. Kiranya semakin banyak anak, guru, dan gereja yang diberkati dengan berbagai kegiatan pemuridan yang diadakan oleh Superbook Indonesia! Tuhan memberkati.

Saya Dukung!

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK