NEWS

Fri - Jun 25, 2021 / 1182 /

Cara Efektif Membangun Harga Diri Anak Agar Mereka Sukses di Masa Depan

Kadang kita secara tidak sadar sebagai orang tua menghancurkan harga diri anak lho! Kalau harga diri anak sudah hancur di dalam keluarga, maka akan mempengaruhi masa depan anak tersebut. Lalu bagaimana cara kita sebagai orang tua bisa menjaga harga diri anak dan membentuknya agar mereka sukses di masa depan? Simak pembahasannya di bawah ini yuk.

Dengan harga diri, anak mampu mengenali, menerima, dan mengemukakan diri terlepas dari pandangan orang lain atau keadaan yang menimpanya. Sayangnya tidak banyak orang tua sadar bahwa ada beberapa kegiatan mereka sehari-hari dengan anak yang bisa merusak harga diri anak. Kalau harga diri anak sudah rusak, hal lainnya akan ikut hancur juga. Seperti kesehatan mental anak, studi, karir, bahkan pernikahan.

Baca juga : BELAJAR BERSAMA MENJADI ORANG TUA HEBAT YANG MENGERTI ANAK

Lalu apa yang harus orang tua lakukan?

Hal paling penting pertama yang harus dilakukan oleh orang tua adalah mengajarkan pentingnya nilai harga diri anak. Harga diri pada dasarnya adalah bagaimana anak melihat diri mereka sendiri, seperti kemampuan yang dimiliki, seberapa besar ia merasa dicintai, dukungan dari orang sekitar, dll. Orang tua dapat mengajarkan kepada anak tentang menyeimbangkan harga diri dengan keterampilan hidup lainnya, seperti memiliki sikap empati, bersikap baik, sopan santun, dermawan, dan memiliki rasa syukur.

Harga diri yang tinggi pada anak akan membuat tingkat kepercayaan diri yang tinggi juga. Selain itu bisa membuat anak:

-          Tidak mudah dikecilkan

-          Dihormati dan disegani banyak orang

-          Dihargai pendapatnya

-          Dipercaya menjadi sumber orang untuk meminta pendapat atau bertanya

Lalu hal-hal apa saja yang kadang tidak sengaja dilakukan oleh orang tua dan bisa merusak harga diri anak? Dan bagaimana kita sebagai orang tua mampu untuk membentuk harga diri anak agar saat dewasa anak bisa sukses?

Nah Superparents bisa belajar bersama di Webinar #BeraniBergerak Jadi Papa Mama Hebat untuk Anakku yang akan berlangsung pada tanggal 10 Juli 2021, pukul 15.00 WIB melalui aplikasi Zoom. Tema yang akan dibawakan adalah Menolong Anak Nyaman Terbuka dan Mendengarkan Orang Tua.

Melalui webinar ini, Superparents akan mendapatkan pembahasan lengkap tentang harga diri anak dan bagaimana mengarahkan anak agar bisa dekat dengan orang tua. CBN mengundang Dr. Julianto Simanjuntak MDiv, MSi seorang pakar yang sudah berpengalaman di bidang parenting selama puluhan tahun sebagai pembicaranya. Beliau adalah seorang pendiri dari LK3 (Lembaga Konseling Keluarga Kreatif) sekaligus penulis dari 24 buku.

Tertarik untuk ikut? Yuk segera daftarkan diri Anda karena tempat terbatas! Klik dibawah ini.

DAFTAR

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK