NEWS

Wed - Nov 14, 2018 / 113 /

Berkat Air Bersih, Mengalir untuk Hamparan Perak

Gereja Pantekosta di Indonesia (GPdI) Jemaat Kasih Karunia Hamparan Perak, merupakan salah satu gereja yang sudah memakai kurikulum Superbook di sekolah Minggunya. Berlokasi di Jalan Lembaga Permasyarakatan, Medan, gereja ini dipimpin oleh Imen Panggabean, S.Th.

Kondisi air warga sebelum ada sumur bor. Kotor dan berbau karat.

Lingkungan sekitar gereja ini mengalami kesulitan mendapatkan air bersih. Kondisi airnya jauh dari kata layak karena berwarna kuning, berbau, dan licin bila digunakan untuk mandi. Air ini juga tidak layak konsumsi dan berbahaya bagi kesehatan. Dampaknya beberapa orang mengalami gatal-gatal pada kulit, seperti yang dialami juga oleh bapak gembala dan anaknya.

Sakit gatal yang dirasakan warga saat mengonsumsi air kotor.

Karat yang terkandung dalam air sangat pekat sekali. Hal ini terlihat dari baju putih mereka yang berubah warna menjadi kekuningan. Memang ada orang disekitar daerah itu yang menjual air PAM dengan harga 2.000 rupiah per jeriken. Jadi, saat mereka mau mencuci ataupun memasak dengan air bersih, pengeluaran mereka bisa membengkak padahal perekonomian mereka rendah.

Warna baju putih menjadi kekuningan karena di cuci dengan air sebelum adanya sumur bor dari CBN.

Sudah cukup lama mereka mendambakan air bersih di sekitar mereka untuk memasak, mandi, dan mencuci pakaian. Tuhan menjawab doa mereka! Superbook bekerja sama dengan CBN Humanitarian terpanggil untuk menyediakan sumur bersih bagi daerah dimana gereja ini berada.

(Ki) Teh yang dibuat dengan air warga sebelum ada sumur. (Ka) Teh yang dibuat dengan air sumur bor, layak konsumsi dan jernih.

Awalnya, gereja memberitahukan bahwa mereka membutuhkan air bersih. Fasilitator yang mendengar kabar ini langsung menanggapi dan segera lakukan survey lokasi. Akhirnya pada 1 Oktober 2018, CBN mulai melakukan pengeboran air bersih di GPdI Jemaat Kasih Karunia Hamparan Perak. Pengeboran itu ternyata membuahkan hasil yang sangat bagus, air bersih diperoleh pada kedalaman 90 meter. Warga pun mulai mencoba air bersih tersebut, dan mereka senang karena airnya sangat bersih, tidak berbau dan sangat segar.

Jhonson Pakpahan & Contasia Christie

Fasilitator Superbook - Medan
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK