ARTICLE

Mon - Jun 25, 2018 / 2001 / Parenting

Alasan yang Bisa Jadi Referensi SuperParents untuk Memasukkan Anak ke Sekolah Kristen

Sebentar lagi anak akan memasuki tahun ajaran baru. Mungkin masih ada yang belum mendapatkan sekolah untuk melanjutkan ke jenjang selanjutnya ya. Salah satu hal yang membuat orang tua khawatir pada saat seperti ini adalah pertanyaan “apakah saya sudah memilih sekolah yang tepat untuk anak saya?”.

Memilih sekolah terbaik memang tidak mudah. Bisa saja metode pengajaran di sekolah tersebut merupakan yang terbaik, namun biayanya terlalu besar. Atau sekolah itu tidak begitu mahal biayanya, tapi anak-anaknya seringkali tawuran dan terdapat beberapa kasus di tempat tersebut.

Baca juga: 9 ATURAN CHRIS PRATT UNTUK GENERASI KEKINIAN YANG SANGAT BERFAEDAH

Sebagai orang tua Kristen, memasukkan anak ke sekolah Kristen merupakan pilihan yang baik. Karena selain anak bisa belajar, kualitasnya terjamin, dan anak bisa sekaligus terbentuk kerohaniannya. Selain itu, ada beberapa alasan lain lho, seperti:

1. Sebagian orangtua sadar kalau apa yang diajarkan di sekolah akan sangat mempengaruhi kepribadian anak. Jadi kebiasaan berdoa atau membaca firman di sekolah Kristen dipandang akan bisa membuat anak bertumbuh dalam pengenalan akan Tuhan.

“Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.” (Amsal 22: 4)

2. Secara pengajaran, sekolah Kristen dianggap jauh lebih bagus. Dari hasil tes standar membuktikan kalau skor siswa dari sekolah Kristen secara konsisten lebih tinggi dari rata-rata skor siswa dari berbagai sekolah umum.

3.  Anak-anak yang sekolah di sekolah Kristen dianggap akan bertumbuh ke arah kekristenan yang positif dan juga pengaruh lingkungan yang baik. Orangtua juga berpikir kalau anak yang disekolahkan di sekolah Kristen akan semakin bertumbuh dalam hal kerohanian. Selain itu, kualitas guru-gurunya juga dinilai jauh lebih bagus dibanding guru di sekolah umum lainnya.

Sumber: TK B Sekolah Kristen Ketapang III Cibubur

4. Selain belajar tentang beragam bidang ilmu pengetahuan, Alkitab tetap harus jadi sumber pengetahuan yang paling utama bagi anak. Tanpa Alkitab, pendidikan tidak lebih baik daripada orang buta yang menuntun orang buta.

5. Sekolah Kristen memberikan kesempatan bagi anak untuk bisa mengalami kebaikan Tuhan. Selalu ada beberapa siswa yang membutuhkan Juruslamat dan siswa Kristen dilatih dan didorong untuk menjangkau teman-teman seperti ini.

6. Kelebihan lain yang juga harus dipertimbangkan orangtua mengirimkan anaknya ke sekolah Kristen adalah karena sekolah berbau agama ini biasanya mengajarkan semua materi pelajaran sesuai dengan konteks dan cara pandang kekristenan. Alkitab adalah pusat dari pengetahuan dan jawaban atas setiap pertanyaan.

7. Kebanyakan sekolah Kristen dinilai merupakan perpanjangan tangan dari keluarga. Lembaga ini menjadi tempat untuk mendukung keluarga sebagai lembaga yang berasal dari Tuhan. Karena itu, sekolah biasanya akan mendidik anak untuk bersikap, berperilaku dan bertindak menghormati orangtua mereka.

8. Salah satu ketakutan orangtua memasukkan anaknya ke sekolah-sekolah umum adalah karena fenomena mengerikan yang belakangan terjadi. Ada banyak aliran kepercayaan yang ditakutkan akan membuat anak terpengaruh dan terjebak dalam paham atheis, humanis atau sejenisnya yang bertentangan dengan kekristenan.

Baca juga: JANGAN MEMBEDA-BEDAKAN MAINAN ANAK SESUAI GENDERNYA, KARENA ALASAN INI

9. Sekolah Kristen mengutamakan kedisiplinan siswa di kelas dan di tempat umum. Kedisiplinan dianggap sebagai hal yang penting karena Allah sendiri juga adalah pribadi yang menerapkan sistem ini terhadap bangsa Israel.

“….karena Tuhan menghajar orang yang dikasihi-Nya, dan Ia menyesah orang yang diakui-Nya sebagai anak.” (Ibrani 12: 6)

10. Anak-anak adalah karunia dari Tuhan. Jadi, sekolah Kristen akan bertanggung jawab mendidik anak sesuai dengan firman Tuhan.

Meskipun kita semua percaya kalau sekolah Kristen manapun umumnya hadir dengan tujuan untuk menjadi lembaga pendidikan yang membantu orang tua mendidik anak-anak mereka menjadi lebih baik. Tapi kita juga tak memungkiri kalau tidak semua sekolah Kristen memang bagus. Ada juga yang malah jauh lebih buruk dari sekolah umum. Karena itulah, orang tua diharap bisa lebih cermat untuk memilih sekolah Kristen terbaik untuk anak-anaknya. Bila perlu berdoalah untuk hal ini! (CC)

Sumber: jawaban.com

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK