ARTICLE

Fri - Oct 08, 2021 / 3266 / Sunday School

5 Cara Kreatif Menghidupkan Suasana Sekolah Minggu Lewat Lagu Pujian

Salah satu hal yang membuat suasana sekolah minggu menjadi hidup adalah dengan memilih lagu pujian yang ceria dan semangat. Pujian yang bernada ceria pun harus disertai dengan gerakan ataupun permainan lho. Nah, berikut ini adalah beberapa tips mudah yang dapat membantu guru sekolah Minggu menghidupkan suasana saat memimpin pujian.

1. Lakukan pergantian ritme lagu

 

Lagu dengan ritme cepat akan menaikkan gairah anak- anak. Tetapi hal tersebut bisa memicu adrenalin sebagian anak yang terlalu aktif sehingga kelas menjadi ribut. Guru dapat mengakalinya dengan membuat improvisasi perubahan ritme lagu di tengah- tengah pujian. Contohnya lagu Happy Ya Ya Ya. Di awal dapat dinyanyikan dengan semangat, tetapi ketika kelas jadi tidak terkendali, nyanyikan pujian ini semakin lama semakin pelan.

2. Nyanyikan lagu berpasang- pasangan

Metode ini akan membuat anak yang pasif jadi bergairah dan anak yang aktif jadi tidak jenuh. Menyanyikan lagu yang membutuhkan gerakan berpasang- pasangan ini dapat diulangi sampai 3 kali dengan berganti teman di tiap pengulangan lagu.

Baca juga : TIPS MENGATASI GURU SEKOLAH MINGGU YANG SERING BERHALANGAN HADIR DAN DATANG TERLAMBAT

3. Ciptakan koreografi kreatif

Buat koreografi baru yang berbeda di setiap lagu. Jika guru kehabisan ide, jangan ragu meminta bantuan dari anak-anak sekolah Minggu di kelas besar untuk membuat gerakannya.

4. Perkenalkan lagu baru

Sebagai guru, tentu kakak-kakak akan sangat senang jika anak-anak mengenal banyak lagu baru. Tapi jangan mengenalkan lagu baru dalam jumlah yang banyak sekaligus dalam satu kali pertemuan. Satu lagu baru sudah cukup agar anak lebih fokus mempelajarinya dan kegiatan sekolah Minggu tetap berlangsung aktif.

Baca juga : REFERENSI 9 LAGU SEKOLAH MINGGU DAN LIRIKNYA UNTUK IBADAH DI SEKOLAH MINGGUMU

5. Hidupkan suasana pujian dengan sedikit permainan

Banyak lagu pujian yang bisa  dinyanyikan sambil bermain. Contohnya lagu Haleluya, Puji Tuhan. Buat versi bersahut-sahutan sembari berganti posisi duduk dan berdiri atau canon. Hal ini juga melatih otak anak untuk tetap konsentrasi melakukan tugasnya.

Nah itulah 5 cara menghidupkan suasana kelas lewat lagu pujian. Jika sekolah minggu kakak ingin memakai kurikulum yang keren, aplikatif dan kontekstual dengan Alkitab serta kebutuhan anak, kakak bisa mendaftarkan gereja kakak disini.

SAYA MAU

 

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK