ARTICLE

Mon - Sep 24, 2018 / 2293 / Inspirational

Buang Sampah Jadi Asik Karena 5 Hal Kreatif Ini! Lihat Yuk

Hayo siapa yang masih males buat buang sampah? Padahal dengan kita membuang sampah pada tempatnya bisa membantu pelestarian lingkungan, mencegah banjir, dan memelihara keindangan lingkungan. Nggak mau donk lingkungan sekitar kita terlihat kumuh dan berbau tajam hanya karena sampah yang tergeletak nggak karuan.

Sayangnya di Indonesia hal ini masih merupakan hal yang seakan ‘sangat sulit dilakukan’, padahal gampilnya minta ampun. Masalahnya simple sih, males bawa-bawa itu sampah dan naro sampahnya ke tempat sampah. Nah daripada pusing mikirin sampahnya, mending kita lihat yuk, ide-ide kreatif yang bisa membantu kita agar suka buang sampah. Yoo, siapa yang tertarik untuk memulainya????

Baca juga : SEORANG ANAK MENYELAMATKAN NYAWA SUPIR BUS SEKOLAHNYA DENGAN MELAKUKAN HAL INI

1. Bak sampah interaktif

Sumber : Lolwot

Sering susah menjumpai bak sampah di jalan? Mungkin aja bak sampahnya nggak kelihatan. Coba dibuat lebih besar dan interaktif seperti ini. Selain buang sampah, orang juga bisa menyampaikan pendapat mereka di bak sampah ini. Seru kan?

 

2. Tong sampah labirin

Sumber : Lolwot

Biar buang sampahnya mengasikkan, buat permainan labirin ke tong sampahnya. Nggak usah susah-susah yang penting tujuannya tong sampah. Kan jadi kepengen menyelesaikan misteri perjalanan ke tong sampah ya rasanya. Hihi..

 Baca juga : MITOS & FAKTA BULLYING YANG HARUS KAMU TAHU

3. Basket sampah

Sumber : Lolwot

Mimin bukan benci sama permainan basket lho maksudnya. Tapi siapa yang seneng lempar sampah ke tong dan pas masuk rasanya bangga? Nah ini bisa dibuat game sekalian, kalau masuk dapat skor dan reward. Pasti jadi senang buang sampah.

 

4. Quiz tong sampah

Sumber : Lolwot

Siapa yang kalau berselancar di Instagram senang ikutan quiz? Nah mungkin quiz yang satu ini juga bisa membuatmu senang membuang sampah. Sambil menjawab pertanyaan, kamu secara nggak sengaja sudah buang sampah pada tempatnya.

 

5. Ring basket sampah

Sumber : Lolwot

Membagi sampah sesuai bahannya memang sudah ada yang melakukannya dan ada yang belum. Kalau orang dilingkungan Anda masih susah membaginya, nggak ada salahnya memisahkannya lewat cara seperti ini. Hampir sama dengan basket sampah, pasti orang jadi tertarik untuk membuang sampah sesuai bahan sampahnya.

 

Itulah 5 cara kreatif yang bisa kita lakukan agar bisa membuat orang suka membuang sampah. Seperti firman Tuhan pada Kejadian 1: 28 – 30, Allah menciptakan manusia untuk dapat mengolah dan mengusahakan apa yang sudah diciptakan-Nya di bumi. Kita harus menjaganya sebagai bentuk rasa syukur dan memuliakan Allah. Masa depan bumi sudah diserahkan kepada manusia dari awal mereka diciptakan. Oleh karena itu, yuk kita penuhi tanggung jawab kita secara kreatif dan sesuai rencana-Nya.

KLIK DI BAWAH UNTUK BAGIKAN ARTIKEL INI.

Contasia Christie

Contasia Christie
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK