ARTICLE

Fri - Oct 30, 2020 / 1455 / Sunday School

Viral, Video Anak Bertengkar! Ini Cara Melerai Pertengkaran Kakak Adik di Sekolah Minggu

Siapa yang tidak kesal kalau lilin ulang tahunnya ditiup oleh orang lain? Kasus ini terjadi pada anak dalam video yang sempat viral beberapa hari lalu. Anak yang bernama Maria Eduarda kesal karena lilin ulang tahun ditiup oleh seorang anak perempuan yang berdiri disampingnya. Namun ternyata, selidik punya selidik bocah yang meniup lilin Eduarda tersebut adalah kakaknya sendiri, Maria Antonia lho!

Netizen sempat geger karena kejadian ini seakan janggal ketika mereka melihat wajah si kakak tampak puas setelah meniup lilin adiknya. Dan adiknya begitu kesal sampai menjambak rambut kakaknya dengan keras sambil menangis. Kok bisa ya kakaknya tega merusak hari spesial adiknya? Ya namanya kakak beradik sebenarnya sih wajar saja kalau berantem, padahal mereka sebenarnya sering juga kok akur.

Baca juga : INI SKILL YANG WAJIB GURU SEKOLAH MINGGU MILIKI SAAT MENGAJAR

Nah yang jadi PR itu kalau kakak beradik bertengkarnya pada saat sekolah minggu dan orang tuanya sedang beribadah di gereja. Kakak mungkin bingung bagaimana melerai mereka karena sibuk juga melayani anak lain. Sebelum kakak menangani kakak beradik yang bertengkar ini, sebaiknya cari tahu dulu yuk ALASAN atau PENYEBAB pertengkaran mereka. Misalnya:

  1. Salah satunya ingin menang sendiri atau mendapatkan yang ia inginkan
  2. Tidak suka dibanding-bandingkan dengan kakak / adiknya
  3. Berbeda pendapat
  4. Salah satu dari mereka sedang cari perhatian kakak/ adiknya
  5. Cemburu dengan kakak / adiknya

Sumber : Instagram @asmariasdepb

Lalu bagaimana cara mengatasi pertengkaran mereka agar tidak mengganggu jalannya sekolah minggu?

  1. Hindari terlalu memihak salah satunya

Setelah kakak mengetahui penyebab pertengkaran mereka, kakak bisa melerainya dengan memberikan nasihat masing-masing ke kedua anak tersebut tanpa terlihat memihak. Contohnya : “Bu, adik nakal banget nih! Nendangin kursi aku padahal udah dibilangin jangan.”

Jawab : “Eh hayo adik kakaknya kan mau dengar firman Tuhan dengan baik, jangan diganggu ya. Adik juga harus mendengarkan firman Tuhan ya. Kakak coba duduknya pindah sini yuk, tidak usah digubris kalau adik masih mau mengganggu kamu ya.”

 

  1. Tunjukkan bagaimana cara menyelesaikan konflik

Misalnya anak sedang beradu argumen. Kakak bisa melihatnya secara positif dari dua sisi lalu jelaskan kepada anak secara baik-baik dengan bahasa yang mudah mereka mengerti.

 

  1. Kenalkan sistem bergantian

Kalau anak berebut mainan atau barang, kakak bisa arahkan mereka untuk saling bergantian menggunakannya. Anak juga bisa belajar sabar dan saling menghargai.

 Baca juga : CARA EFEKTIF MENDAPATKAN PERHATIAN DAN FOKUS ANAK DI KELAS SEKOLAH MINGGU

  1. Buat aktivitas yang seru atau mengalihkan pertengkaran mereka

Pertengkaran kakak adik bisa saja mengganggu kondisi kelas. Yang tadinya kondusif bisa mendadak jadi rusuh. Wah kalau sudah begitu dan anak sulit dilerai, kakak bisa mengalihkannya dengan kegiatan yang mereka suka, misalnya mengajak anak-anak bermain, ice breaking, atau menjelaskan firman dengan perumpamaan menggunakan salah satu anak yang bertengkar (memintanya kedepan menemani kakak).

 

  1. Dorong anak menyelesaikan masalah bersama

Ajarkan masing-masing anak melihat dari sudut pandang  yang berbeda, sehingga mereka bisa saling mengetahui pemikiran kakak/ adiknya. Lalu ajak mereka ikut andil dalam membuat solusi supaya keduanya sama-sama merasakan keadilan.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK