ARTICLE

Mon - May 14, 2018 / 955 / Inspirational

Terungkap! Alasan Mengapa Kebencian Begitu Mudah Mengakar dan Mempengaruhi Manusia

1 Kor 13:4. Kasih itu sabar;  kasih itu murah hati; ia tidak cemburu. Ia tidak memegahkan diri dan tidak sombong. 13:5 Ia tidak melakukan yang tidak sopan dan tidak mencari keuntungan diri sendiri. Ia tidak pemarah dan tidak menyimpan kesalahan orang lain. 13:6 Ia tidak bersukacita karena ketidakadilan, tetapi karena kebenaran. 13:7 Ia menutupi segala sesuatu, percaya segala sesuatu, mengharapkan segala sesuatu, sabar menanggung segala sesuatu.

13 Mei 2018 adalah hari yang “membekas” di hati umat Kristen di Indonesia, khususnya mereka yang tinggal di Surabaya. Bagaimana tidak? Di Minggu pagi tersebut, dalam waktu yang hampir bersamaan, umat Kristen di Surabaya mengalami sesuatu yang tak mereka duga sebelumnya.Ledakan bom terjadi di tiga gereja sekaligus ketika para jemaat sedang dalam persiapan beribadah. Yang lebih menyedihkan lagi, pelaku turut membawa anak mereka dalam aksi bom bunuh diri yang pada akhirnya memakan korban dari anak sekolah minggu hingga orangtua.

Baca juga:

10 CARA ORANG TUA MENJELASKAN TENTANG SITUASI DARURAT DAN TINDAKAN TERORISME KEPADA ANAK

Saya tidak paham dan mengerti apa yang ada di pikiran pelaku dengan melibatkan anak mereka dalam aksinya. Bukankah setiap orangtua menginginkan suatu hari nanti anaknya tumbuh menjadi orang yang berguna bagi bangsa dan negara, membahagiakan dengan berbagai macam prestasi serta keberhasilan yang mereka raih? Lalu, apa yang membuat kedua orangtua ini  tega melibatkan anak-anak mereka?

sumber: The Bully Book

Kebencian adalah suatu sifat yang tidak perlu dipelajari karena kita saat ini sedang berada di dalam dunia. “Kita tahu, bahwa kita berasal dari Allah dan seluruh dunia berada di bawah kuasa si jahat.” (1 Yoh 5:19)Kebencian dengan sendirinya mudah tertanam, karena kita semua sedang berada dalam dunia yang dikuasai si jahat. Pelaku sendirimenghidupi kebencian itu dan tidak memiliki sumber kasih dalam hatinya, yaitu Allah. Itulah yang membuatnya mudah dipengaruhi di jahat.

Nah, lalu apa yang harus kita lakukan sebagai pengikut Allah dalam melawan kebencian? Berbeda dengan kebencian, kasih harus ditanam, diberi pupuk, dipelihara hingga ia berakar dengan baik, dan pada akhirnya berbuah. Paulus dalam 1 Korintus 13mendeskripsikan kasih dengan sangat baik, jelas, dan lengkap. Inilah jawaban dari semua hal yang menuntut reaksi kita ketika kita diperhadapkan dengan kebencian. Inilah yang kita butuhkan untuk memerangi kebencian: KASIH.

Baca juga: 

6 HAL YANG PERLU GURU SEKOLAH MINGGU SAMPAIKAN KEPADA ANAK TERKAIT AKSI TEROR

Ada sebuah teori yang cukup terkenal menyangkut perkembangan anak. Anak seperti kertas putih dan orang-orang di sekelilingnya, lingkungannya, turut mengambil bagian dalam perkembangan pembentukan karakternya. Ini bukan hanya tugas dari pembimbing atau pendidik di sekolah Minggu. Kitapun sebagai orang Kristen yang sudah dewasa wajib membantu pembentukan karakter anak-anak di sekitar kita melalui perbuatan kita.

Kasih tidak cukup hanya menjelaskan secara teori, tetapi harus diajarkan melalui tindakan nyata. Itulah cara menanam, memupuk, dan memeliharanya hingga berbuah. Tindakan nyata sangat membantu kita dalam mengajarkan anak-anak tentang kasih yang tertulis dalam 1 Korintus 13:4-7.

Kita sebagai orang tua Kristen harus menanamkan kasih di dalam diri anakagar bisa berakar kuat dan kokoh sehingga mereka tidak mudah goyah serta menghasilkan buah yang baik. Marilah kita menyebarkan kasih dimanapun kita berada. Hasilkan kekuatan untuk melawan, memerangi, dan mengalahkan kebencian sehingga suatu hari nanti kejahatan diganti dengan kebaikan, dan kebencian diganti dengan kasih. (CG)

 

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Carryn Graciano

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK