ARTICLE

Mon - Nov 20, 2017 / 2088 /

Tahun 2018, Warga Papua Akan Melakukan “Wajib Berdoa” Lho! Ini Ceritanya

Tidak lama lagi Papua akan mewajibkan tradisi berdoa untuk warganya! Peraturan Gurbernur (Pergub) ini mewajibkan warganya untuk melaksanakan doa mulai pukul 12.00 WIT. Pergub ini mulai diberlakukan tahun depan. Pemberlakuan ini dibuat untuk merefleksikan bahwa Tanah Papua adalah tanah perjanjian yang sudah dikenal sejak lama.

'Tanah Papua adalah tanah perjanjian dan harus ada refleksi bagi seluruh umat di atas tanah ini, tidak mengenal siapapun juga, tidak mengenal agama apapun juga, namun semua yang hidup di atas tanah ini dengan tugas dan fungsinya masing-masing berdoa kepada Tuhan yang maha kuasa,' kata Sekda Provinsi Papua TEA Hery Dosinaen di Jayapura, Minggu kepada Antaranews.

Dia mengatakan, pergub tentang wajib berdoa jam 12 siang ini rencananya akan diaplikasikan pada 2018.

'Entah berapa menit ataupun berapa detik, harus berdoa di jam 12.00 siang itu kepada Tuhan yang maha kuasa,' ujarnya.

Sebenarnya tradisi ini sudah dilakukan oleh umat Katolik di kampung-kampung sejak dulu. Uskup Jayapura Mgr Leo Laba Ladjar OFM mengatakan tadisi doa itu amat tua di kalangan umat Katolik.

'Itu tradisi yang amat tua khususnya bagi umat Katolik bahwa Maria diberi kabar oleh malaikat Tuhan bahwa dia akan menjadi bunda sang penebus.' katanya.

Tradisi ini dulu biasanya dilakukan saat pagi hari. Tapi dia menyampaikan tradisi seperti itu memang sudah lama hilang. Karena itulah rencana untuk menghidupkan kembali tradisi doa itu dipandang baik. Karena dia berpikir doa semacam ini harusnya tidak hanya dilakukan oleh umat beragam lain, tetapi umat Kristen pun bisa mengambil waktu untuk berdoa di jam-jam tertentu.

'Kalau di kampung-kampung itu lonceng gereja berbunyi, waktu sekitar jam 6 sore, dan seluruh umat yang beraktivitas, baik di kebun bahkan di mana saja, semua umat berhenti dan berdoa, demikian tengah hari juga demikian,' ujarnya.

Waw luar biasa sekali ya! Bagaimana dengan Anda? Apakah Anda akan tetap menetapkan waktu berdoa tanpa harus ada pergub-nya terlebih dulu?

Boleh lho langsung komentar di bawah ini.

Sumber : Antaranews & Jawaban.com

Baca juga :

7 AYAT ALKITAB YANG PENTING UNTUK ANAK-ANAK INGAT DAN PELAJARI

TAHUKAH KAMU, INI KISAHNYA SEKOLAH MINGGU DIMULAI

SUPERPARENTS WAJIB MELAKUKAN HAL INI AGAR ANAK BERJALAN SESUAI FIRMAN TUHAN!

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK