ARTICLE

Fri - Dec 02, 2022 / 2325 / Inspirational

Sebenarnya Kapan Tepatnya Hari Kelahiran Tuhan Yesus atau Natal?

Nama 'Natal' atau ‘Christmas’ berasal dari kata Mass of Christ (atau Misa Kristus). Kebaktian Misa (yang terkadang disebut Komuni atau Ekaristi) adalah tempat orang Kristen mengingat bahwa Yesus mati untuk kita dan kemudian hidup kembali. Kebaktian 'Misa Kristus' (Christ-Mass) adalah satu-satunya yang diizinkan untuk dilakukan setelah matahari terbenam (dan sebelum matahari terbit keesokan harinya), jadi orang-orang melakukannya pada Tengah Malam! Jadi kita mendapatkan nama Misa Kristus (Christ-Mass), disingkat menjadi Natal (Christmas).

 

Hari Natal sebenarnya

Tidak ada yang tahu hari kelahiran Yesus yang sebenarnya! Tidak ada tanggal yang diberikan dalam Alkitab, jadi mengapa kita merayakannya pada tanggal 25 Desember?

Orang-orang Kristen mula-mula pasti memiliki banyak argumen tentang kapan harus dirayakan! Juga, kelahiran Yesus mungkin tidak terjadi pada tahun 1 tetapi sedikit lebih awal, antara tahun 2 SM/SM dan 7 SM/SM, mungkin pada tahun 4 SM/SM (tidak ada 0 - tahun dimulai dari 1 BC/SM ke 1!).

Tanggal pertama Natal yang dicatat dirayakan pada tanggal 25 Desember adalah pada tahun 336, pada masa Kaisar Romawi Constantine (dia adalah Kaisar Romawi Kristen pertama). Tapi itu bukan festival resmi negara Romawi saat ini.

Baca juga : 10 LAGU PADUAN SUARA ANAK YANG BISA WARNAI IBADAH DAN PERAYAAN NATAL DI GEREJA

Ada banyak tradisi dan teori berbeda mengapa Natal dirayakan pada tanggal 25 Desember. Tradisi Kristen yang sangat awal mengatakan bahwa hari ketika Maria diberi tahu bahwa dia akan memiliki bayi yang sangat istimewa, Yesus (disebut Kabar Sukacita) adalah pada tanggal 25 Maret - dan masih dirayakan hingga hari ini pada tanggal 25 Maret. Sembilan bulan setelah tanggal 25 Maret adalah tanggal 25 Desember!

Tanggal 25 Maret juga merupakan hari beberapa orang Kristen mula-mula mengira dunia telah dijadikan, dan juga hari kematian Yesus ketika dia sudah dewasa dan mereka mengira bahwa Yesus dikandung dan meninggal pada hari yang sama di tahun itu. Tanggal tersebut dipilih karena mendekati Maret/Vernal Equinox (ketika tanggal dan malam memiliki panjang yang sama di bulan Maret).

Yesus mati pada tanggal 14 Nisan dalam kalender Yahudi - tanggal perayaan Paskah Yahudi. Kalender Yahudi adalah lunar (berdasarkan bulan, bukan tanggal tetap) dan karenanya berpindah-pindah dengan tanggal pada kalender Gregorian. Santo Efrem orang Siria (306 – 373) mengajarkan bahwa Yesus dikandung pada tanggal 10 Nisan! Jadi 25 Maret menjadi tanggal 'tetap' pada kalender Gregorian untuk menandai tanggal 'bergerak' ini pada kalender Yahudi.

 Baca juga : 3 PELAJARAN PENTING YANG BISA ANAK SEKOLAH MINGGU PELAJARI DARI ORANG MAJUS

Jadi kapan donk tanggal sebenarnya Tuhan Yesus lahir?

Ada alasan yang kuat mengapa Yesus tidak mungkin lahir pada musim dingin, tetapi pada musim semi atau musim gugur! Di musim dingin, para gembala memelihara domba di perbukitan itu sangatlah mustahil. Karena karena bukit-bukit itu kadang-kadang ada banyak salju!

Selama musim semi (pada bulan Maret atau April) ada festival Yahudi yang disebut 'Passover'. Festival ini mengingat ketika orang-orang Yahudi melarikan diri dari perbudakan di Mesir sekitar 1500 tahun sebelum Yesus lahir. Banyak anak domba akan dibutuhkan selama Perayaan Paskah, untuk dikorbankan di Bait Allah di Yerusalem. Orang Yahudi dari seluruh Kekaisaran Romawi melakukan perjalanan ke Yerusalem untuk Perayaan Paskah, jadi ini saat yang tepat bagi orang Romawi untuk melakukan sensus. Maria dan Yusuf pergi ke Betlehem untuk sensus (Betlehem berjarak sekitar enam mil dari Yerusalem).

Pada musim gugur (pada bulan September atau Oktober) ada festival Yahudi 'Sukkot' atau 'Perayaan Tabernakel'. Ini adalah festival yang paling sering disebutkan dalam Alkitab! Saat itulah orang-orang Yahudi ingat bahwa mereka bergantung pada Tuhan untuk semua yang mereka miliki setelah mereka melarikan diri dari Mesir dan menghabiskan 40 tahun di padang pasir. Itu juga merayakan akhir panen. Selama festival, orang Yahudi tinggal di luar di tempat penampungan sementara (kata 'kemah' berasal dari kata latin yang berarti 'bilik' atau 'pondok').

Banyak orang yang telah mempelajari Alkitab, berpikir bahwa Sukkot akan menjadi waktu yang mungkin untuk kelahiran Yesus karena mungkin cocok dengan gambaran 'tidak ada kamar di penginapan'. Ini juga akan menjadi saat yang tepat untuk melakukan Sensus Romawi karena banyak orang Yahudi pergi ke Yerusalem untuk merayakan festival dan mereka akan membawa tenda / tempat berlindung mereka sendiri! Kemungkinan Yusuf dan Maria tidak membawa tenda karena Maria sedang hamil. Kemungkinan Bintang Bethlehem tampaknya menunjuk pada musim semi atau musim gugur.

Baca juga : GURU SEKOLAH MINGGU, KAMU HEBAT! INI ALASANNYA

Tahun kelahiran Yesus tidak diketahui. Sistem kalender yang kita miliki sekarang diciptakan pada abad ke-6 oleh seorang biarawan bernama Dionysius Exiguus. Dia sebenarnya mencoba untuk menciptakan sistem yang lebih baik untuk mengetahui kapan Paskah harus dirayakan, berdasarkan kalender baru dengan kelahiran Yesus pada tahun 1. Namun, dia membuat kesalahan dalam matematika sehingga mendapatkan kemungkinan tahun Kelahiran Yesus salah!

Kebanyakan sarjana sekarang berpikir bahwa Yesus lahir antara tahun 2 SM/SM dan 7 SM/SM, mungkin pada tahun 3 atau 4 SM/SM. Sebelum kalender baru Dionysius, tahun biasanya bertanggal dari masa pemerintahan Kaisar Romawi. Kalender baru menjadi lebih banyak digunakan sejak abad ke-8. Tidak ada tahun '0'. Saat itu di Eropa, angka 0 tidak ada dalam matematika - angka 0 baru tiba di Eropa pada abad ke-11 hingga ke-13!

 

Jadi intinya, setiap kali Anda merayakan Natal, ingatlah bahwa Anda sedang merayakan peristiwa nyata yang terjadi sekitar 2000 tahun yang lalu, bahwa Allah mengutus Anak-Nya ke dunia sebagai hadiah Natal untuk semua orang! Kita tidak perlu tahu tanggal persis kapan Natal itu seharusnya, yang penting merayakan maknanya dalam hidup kita.

Sumber : whychristmas

 

Contasia C

Content Writer Coordinator
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK