ARTICLE

Wed - Jan 08, 2020 / 1453 / Sunday School

SIAPA BILANG MELAYANI GENERASI ANAK SEMAKIN SUSAH?! INI CARA MELAYANI MEREKA!

Semakin tahun, tantangan dalam memuridkan generasi anak akan semakin bertambah. Dulu, mungkin masalahnya hanya bagaimana cara menenangkan anak yang menangis di tengah ibadah. Sekarang, mungkin bertambah dengan bagaimana cara membuat anak fokus ibadah ketika ia asik bermain gadgetnya. Seperti itulah memuridkan.

Sebagai pelayan generasi anak, kita harus terus siap sedia menghadapi tantangan demi tantangan. Selain teknologi, ada beberapa tantangan yang sering kita lihat bersama di generasi anak jaman sekarang.

Baca juga: ANAK SUSAH DIATUR, COBA PAKAI METODE INI AGAR MEREKA MENURUT

  1. Pikiran yang kotor

Mungkin, banyak dari kita yang terkejut, jika anak-anak jaman sekarang, meskipun masih kecil, tapi sudah berbicara tentang pacar-pacaran, atau bahkan sudah mengerti hal-hal yang berbau dewasa. Ya, mereka sudah paham hal-hal seperti itu! Itu semua dimulai dari pikiran mereka yang mulai kotor!

Ya, tontonan dan lingkungan menjadi faktor penting kenapa itu terjadi. Karena itu, sebagai pelayan generasi anak, penting untuk menciptakan lingkungan sekolah Minggu yang penuh dengan kebenaran. Jangan lupa, kita harus berani menegur mereka ketika mereka mulai mengeluarkan pikiran kotornya.

Sumber: Parenting Orami
  1. Perkataan yang kasar

Di era sekarang, kita tahu bahwa banyak anak-anak senang sekali menonton Youtube. Seperti yang kita tahu, di Youtube, banyak sekali influencer yang sering berkata kasar. Parahnya, anak-anak melihatnya. Ya, anak-anak melihat, bahkan menirunya! Bukan berarti Youtube tidak baik, tapi anak-anak belum bisa memilih konten yang baik bagi mereka.

Bukan hanya tontonannya, lingkungan juga mempengaruhi apa yang mereka katakan. Sebagai pelayan generasi anak, bekerjasamalah dengan orang tua untuk bisa mengontrol anak dalam lingkungan dan tontonan, karena kita tidak bisa memantaunya setiap hari. Selain itu, manfaatkan ibadah sekolah Minggu untuk berikan kebenaran tentang hal ini!

Sumber: Rumah Keluarga Indonesia
  1. Suka melawan

Jangan kaget ketika banyak anak yang senang melanggar aturan, membantah guru, bahkan orang tua mereka sendiri. Itu semua terjadi karena banyak faktor, mulai dari lingkungan, didikan orang tua, dan apa yang mereka lihat setiap hari.

Karena itu, sebagai pelayan generasi anak, jika bertemu dengan anak seperti ini, jangan semakin keras. Tapi, ajari mereka dengan lembut dan berikan pengertian kepada mereka. Memang, butuh waktu yang lama, tapi perlahan mereka pasti akan mengerti bahwa apa yang ia lakukan salah loh.

Baca juga: INGIN AJARI ANAK SAAT TEDUH SEDARI DINI? TERAPKAN CARA-CARA BERIKUT!!

Oh iya kak, tahu tidak, bahwa ternyata masih banyak anak-anak di Indonesia yang punya masalah serupa. Superbook dan juga gereja lokal memiliki kerinduan yang sangat besar untuk bisa memuridkan mereka. Karena itu, kita butuh kakak untuk menjadi pahlawan anak dan mengenalkan mereka akan Kristus! Ayo, bergabung bersama kami dengan klik tulisan di bawah ini.

 

Daniel Okta

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK