ARTICLE

Mon - Aug 26, 2019 / 2012 / Inspirational

Pria Melayani Sekolah Minggu? Siapa Takut!

Sudah bukan rahasia lagi, kalau pelayanan anak-anak sangat identik dengan wanita. Padahal, pria bisa sangat membantu pelayanan sekolah Minggu dengan ide dan tenaga mereka. Cuman, banyak pria yang gak terlalu tertarik melayani sekolah Minggu. Mulai dari pelayanannya yang disebuh membosankan, atau mereka tidak tertarik pada anak-anak.

Nah, untuk kakak-kakak yang pengen ngajak pria untuk terlibat aktif pelayanan sekolah, ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Apa aja ya…???

Baca juga: 3 GAYA HIDUP SEHAT BAGI ORANG TUA DAN ANAK MILENIAL!

  1. Berikan pengertian bahwa yang mereka lakukan itu penting

Kakak-kakak tahu tidak, ada banyak pria yang tidak ingin terlibat melayani anak karena berpikir pelayanan anak adalah pelayanan sepele. Itu semua muncul akibat pria tidak pernah tahu secara jelas kenapa mereka harus melayani generasi anak.

Pria suka terlibat dalam sesuatu yang jelas dan penting. Jadi, kakak-kakak harus mulai ajakannya dengan berikan pengertian tentang seperti apa pelayanan sekolah Minggu dan kenapa sih mereka harus terlibat pelayanan. Kakak bisa jelaskan tentang bagaimana gawatnya generasi anak di zaman sekarang dengan segala ancamannya. Dengan itu, mereka akan merasa bahwa pelayanan generasi anak bukan sesuatu yang sepele, lho.

 Sumber: Superbook
  1. Berikan tugas dan tanggung jawab pada mereka

Ketika mereka sudah mau ikut melayani sekolah Minggu, maka coba mulai percayakan mereka untuk bertanggung jawab terhadap sesuatu. Pria suka dilibatkan lho. Mungkin, bisa dimulai dengan menjaga satu dua orang ketika ada di dalam kelas. Setelah itu, mungkin bisa melayani menjadi penerima tamu bersama anak, atau menjadi pendoa, pembawa persembahan, atau menjadi pembawa permainan. Intinya, libatkan mereka, agar mereka pun merasa melayani sekolah Minggu itu seru.

  1.  Ajak mereka ikut berpikir

Nah, ketika mereka sudah dipercaya tugas dan tanggung jawab yang mudah-mudah, maka selanjutnya mulai ajak mereka berpikir. Libatkan mereka di rapat-rapat dan juga evaluasi sekolah Minggu. Dengan diberikan kesempatan untuk berpikir dan menyampaikan pendapat, mereka akan semakin berdedikasi bagi sekolah Minggu. Karena, pada dasarnya, pria itu mahluk yang bertanggungjawab lho.

Baca juga: MENGENAL ANAK SEKOLAH MINGGU KU: (PART 2) SI PUSAT PERHATIAN SEKOLAH MINGGU

Wah, ternyata bisa kok ngajak pria untuk aktif pelayanan sekolah Minggu. Hanya saja, sebelum mengajak, harus didoakan terlebih dahulu yak ka. Jadi, selamat melayani ka. Tuhan Yesus memberkati kita semua.

Suhardiman Eko Prasetyo

Fasilitator Superbook
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK