ARTICLE

Mon - Aug 27, 2018 / 1006 / Parenting

Perlu Tahu! 3 Kata Wajib yang Harus Kita Ajarkan Kepada Anak

Anak yang santun dan tahu tata krama adalah idaman semua orang tua. Zaman sekarang, anak yang memiliki sikap sopan santun yang baik sudah tidak sebanyak saat dulu. Adanya kebebasan yang diberikan orang tua, sayangnya terkadang membuat anak jadi “kebablasan” dalam bersikap. Sebelum kita menyesal, yuk kita ajarkan sedari dini 3 kata penting ini kepada anak-anak kita.

1. Tolong

Sumber: Goodnet.org

Kata ini mempunyai pengaruh yang besar lho SuperParents. Dengan berkata “tolong”, maka orang yang membantu akan merasa lebih ikhlas. Dari keduabelah pihak, yang ditolong maupun yang menolongpun sama-sama merasa dihargai. Nah mulai dari sekarang, yuk kita biasakan anak agar tidak “memerintah” ya , tapi mengucapkan kata tolong pada siapapun yang ia minta bantuannya.

 Baca juga : 3 HAL PENTING YANG HARUS DIPERHATIKAN KETIKA ANDA MEMILIH GEREJA

2. Maaf

Sumber: Simplemost

Kata ini sangat sulit sekali dalam penerapannya apalagi kalau anak merasa dirinya benar, padahal sebenarnya perbuatan ia salah. Dengan SuperParents mengajarkan dan membiasakan anak untuk mengucapkan kata “maaf”, anak tidak akan merasa asing atau ganjil ketika mengucapkannya. Anak akan terbiasa sedari kecil mengakui kesalahan yang telah diperbuatnya, baik kesalahan yang disengaja maupun yang tidak disengaja.

 

3. Terima Kasih

Sumber: No One Alone

Bukan hanya kata maaf yang sulit diucapkan, kata “terima kasih” juga merupakan kata yang seakan paling mahal di dunia ini. Sulit sekali kita bisa berterima kasih untuk hal-hal yang kecil sampai besar kepada orang yang sudah membantu, memberi, mendengarkan, melayani, dan masih banyak lagi. Orang cenderung terperangkap dalam pemahaman “untuk apa dulu” saya mengucapkan terima kasih.

Baca juga : 3 LANGKAH MUDAH BANTU ANAK TERBIASA TIDUR SENDIRI

Meski sebenarnya kata ini mudah diucapkan, kenyataannya tidak sedikit dari kita yang enggan mengucapkannya. Padahal sebagai SuperParents kita teladan anak lho. Coba ingat-ingat, ketika kita naik kendaraan umum, pernahkah kita mengucapkan terima kasih karena sudah diantar dengan selamat? Pasti yang muncul di benak, “ya itu kewajiban mereka, toh sudah dibayar. Seharusnya mereka yang berterima kasih kan?”

Tidak ada salahnya kita mengajarkan anak untuk tidak pelit mengucapkan terima kasih lho. Selain santun, anak juga bisa menjadi berkat karena orang yang mendengarnya akan merasa bahagia telah membantu, melayani, memberi, dan lainnya.

 

Kalau SuperParents sendiri sudah belum mengajarkan 3 kata ini kepada anak Anda? Yuk mulai dari sekarang kita melatih mereka menjadi terang dunia dengan sikap santun mereka di kehidupannya. Tuhan memberkati.

KLIK DI BAWAH UNTUK BAGIKAN ARTIKEL INI.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK