ARTICLE

Fri - Sep 13, 2019 / 332 / Sunday School

Mengenal Anak Sekolah Minggu Ku (Part 4): Si Pemikir yang Susah Melupakan

Dalam melayani sekolah Minggu, kita pasti sering bertemu anak yang banyak bertanya dan senang berpikir. Nah, kalo kakak pernah bertemu yang seperti itu, kakak bertemu dengan anak berkepribadian melankolis.

Dari 4 kepribadian yang kita bahas satu bulan ini, ini adalah kepribadian terakhir. Sekarang, yuk kita cari tahu bersama tentang melankolis. Kira-kira, seperti apa sih melankolis?

Baca juga: MEMURIDKAN ITU SULIT? COBA CARA-CARA MEMURIDKAN BERIKUT INI!

  1. Senang memperhatikan

Ini adalah ciri khas anak melankolis. Ia senang memperhatikan. Beberapa anak memiliki kebiasaan bertanya hal-hal yang diluar sekolah Minggu, seperti “Kenapa AC nya dingin banget kak?”, “Mana hadiahnya kak?”, “Kakak kenapa? Kok mukanya sedih?” atau pertanyaan lainnya yang kadang tidak kita pikirkan. Itulah orang melankolis, sangat senang memperhatikan.

  1. Detail

Anak melankolis dikenal sangat detail terhadap segala hal. Mereka juga tidak segan untuk bertanya, ketika mereka tidak tahu. Bagi mereka, hal yang tidak jelas membuat mereka pusing. Jadi, jangan heran, kalau di sekolah Minggu ada yang banyak tanya. Ia ingin tahu hal tersebut supaya jelas kak. Jadi, kakak harus makin banyak belajar kak. Agar bisa menjawab pertanyaan dari anak-anak melankolis.

Sumber: depositphotos.com
  1. Susah melupakan

Karena sangat detail, orang melankolis cenderung susah lupa. Ini ada untung dan ruginya kak. Untungnya, mereka jadi orang yang bagus dalam menghafal. Ruginya, anak melankolis sangat mudah mendendam, karena ia sulit melupakan keadaan atau seseorang yang membuat mereka terluka. Wah, cukup bahaya ya kak.

Lalu, sekarang gimana sih cara yang tepat bagi kakak dalam melayani anak melankolis.

Cara melayani anak plegmatis

  1. Jawab semua pertanyaannya

Ini adalah cara termudah untuk melayani mereka. Ketika anak banyak bertanya, pastikan kakak harus menjawab pertanyaan tersebut, dan jawab dengan tepat ya kak. Karena, jawaban kakak akan diingat dan bisa menjadi pegangan hidup mereka loh nanti. Jika kakak tidak bisa menjawab, ia akan kecewa dan mungkin tidak akan pernah bertanya lagi, karena berpikir kakak tidak bisa menjawabnya.

Sumber: Brilio.com
  1. Temani mereka ketika ada masalah

Anak melankolis adalah anak yang sulit melupakan. Itu kenapa, ketika mereka sedang ada masalah atau terlihat sedang ada masalah, temani mereka. Tanya mereka perlahan, tapi jangan paksa mereka bercerita. Biarkan mereka bercerita dengan sendirinya kak. Andaikan sang anak ingin bercerita, jangan lupa dengarkan dan berikan respon ya kak. Ingat, ia adalah anak yang detail.

  1. Berikan kepercayaan kepadanya

Ya, mungkin terkesan sepele kak. Tapi, kakak harus tahu bahwa salah satu kelemahan orang melankolis adalah terlalu banyak berpikir, sehingga lambat mengambil keputusan. Tapi, ia punya kekuatan, yaitu pola pikirnya sangat baik. Maka dari itu, diberikan kepercayaan akan membuat kemampuan berpikir sang anak semakin tajam dan cepat.

Baca juga: MENGENAL ANAK SEKOLAH MINGGU KU: (PART 3) SI PECINTA DAMAI YANG PEMALU

Itu adalah ciri-ciri anak melankolis dan cara kita untuk melayani mereka. Jumat minggu depan, kita akan bertemu dengan tema baru yang lebih seru loh kak. Penasaran kan? Jadi, sampai jumpa minggu depan dan tetap semangat melayani anak ya kak.

Daniel Okta

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK