ARTICLE

Fri - Aug 23, 2019 / 442 / Sunday School

Mengenal Anak Sekolah Minggu Ku: (Part 2) Si Pusat Perhatian Sekolah Minggu

Dalam melayani sekolah Minggu, kita pasti akan ketemu banyak anak kecil yang punya bermacam kepribadian. Sebagai pelayan, sudah seharusnya kita tahu kepribadian dari yang kita layani, agar anak-anak bisa merasa dilayani oleh kita.

Minggu lalu, kita sudah tahu tentang salah satu dari empat karakter, yaitu koleris. Kali ini, kita akan cari tahu bersama tentang sanguine. Kira-kira, seperti apa sih sanguin?

Baca juga: 3 GAYA HIDUP SEHAT BAGI ORANG TUA DAN ANAK MILENIAL!

  1. Sangat mudah bergaul

Pasti, di sekolah Minggu, ada beberapa anak yang bisa dengan mudah punya banyak teman. Ya, hampir bisa dipastikan itu anak sanguin. Mereka adalah tipikal anak yang sangat suka berteman, ramah dan suka ngobrol dengan orang lain. Gak heran, mereka bisa punya teman banyak.

  1. Menginspirasi

Karena mereka suka ngomong dan bisa dengan mudah memiliki banyak teman, mereka juga bisa dengan mudah mempengaruhi mereka. Jadi, biasanya anak sanguin punya talenta untuk menjadi pembicara atau motivator, asalkan dididik dengan tepat, lho. Selain itu, anak sanguin juga suka menjadi pusat perhatian, lho.

  1. Senang dipuji

Sanguin sangat senang membangung hubungan dan punya kecendrungan ingin disenangi semua orang. Makanya, mereka sangat senang sekali mendapat pujian dari orang lain. Jadi, jika ada anak sekolah Minggu kaka yang bertanya, “Ka, hari ini aku udah selesaikan tugas. Menurut kaka tugas ku bagus gak?” dapat dipastikan mereka adalah orang sanguin.

Lalu, sekarang gimana sih cara yang tepat bagi kakak dalam melayani anak sanguin.

Cara melayani anak sanguin

  1. Berikan pujian yang secukupnya

Kak, jangan lupa untuk memberikan apresiasi secara lisan ya bagi hasil kerja anak sanguin, karena mereka akan sangat dihargai karena itu. Hanya saja, kita juga harus tahu sesering apa kita memuji mereka. Jangan sampai terlalu memuji mereka, karena mereka bisa jadi sombong, ka. Pujilah secukupnya, ketika mereka memang harus dipuji.

  1. Beri kesempatan tampil di depan umum

Karena sanguin punya kecendrungan senang menjadi pusat perhatian, kakak bisa percayakan sesekali mereka untuk melayani ka. Mungkin, kaka bisa mulai dengan menjadi penerima tamu. Lalu, jika ia bisa bernyanyi, kaka bisa percayakan ia menjadi pemimpin pujian ka. Yang pasti, kakak harus berikan kesempatan bagi mereka untuk bisa menambah kepercayaan diri mereka.

  1. Ingatkan dengan bahasa yang tepat

Jika korelis berani untukditegur, sedangkan sanguin tidak terlalu berani. Mereka sangat menghargai hubungan, sehingga marah atau teguran bisa dianggap sebagai tanda bahwa kita tidak menghargai hubungan dengan mereka. Tapi, kita juga bisa kok menegur orang sanguin, hanya saja dengan Bahasa yang tepat. Karena orang sanguin sangat memperhatikan kata, jadi gunakan kata yang tepat ya.

Baca juga: MENGENAL ANAK SEKOLAH MINGGU KU: (PART 1) SI PEMIMPIN MUDA YANG TIDAK SABAR

Itu tadi adalah ciri-ciri anak sanguin dan cara kita untuk melayani mereka. Kira-kira, kepribadian yang lain seperti apa ya? Setiap hari Jumat, kita bahas bersama lagi ya kak. Jadi, sampai jumpa di hari Jumat selanjutnya.

Daniel Okta

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK