ARTICLE

Thu - Sep 28, 2017 / 1900 /

Kerja Sampingan Itu Penting Loh Untuk Pekerjaanmu, Ini 4 Trik Agar Keduanya Berkembang

Banyak pengusaha sukses memulainya sebagai pekerjaan sampingan, sesuatu yang mereka kerjakan di luar jam kerja. Sekalipun pekerjaan sampingan anda tidak mencapai kesuksesan besar, hal itu menjadi pengalaman yang berharga. Sebab, pekerjaan sampingan dapat menjadi kesempatan untuk mengerjakan apa yang menjadi hasrat terbesar Anda dan juga memperluas jaringan. 

Pemimpin kreatif yang baru-baru ini menduduki posisi sebagai US Head  of Creative Strategy di Snapchat, Greg Wacks  membagikan beberapa tips agar pekerjaan dan juga pekerjaan sampingan Anda bisa sama-sama berkembang melalui artikel yang ditulis oleh Paulina Guditch ini:

1#  Pisahkan antara urusan di tempat kerja dengan urusan pribadi Anda.

Sangat mudah untuk melebur dalam budaya perusahaan, terutama jika anda menyukai bekerja disana dan mencintai apa yang Anda kerjakan. Tetapi, hati-hati jangan sampai Anda tersesat dalam budaya itu dan menelantarkan apa yang menjadi hasrat terbesar Anda. 

'Anda mengambil karir yang dapat menopang Anda. Bagian tersulitnya adalah pelan-pelan passion Anda akhirnya tertinggal dibelakang karena Anda tersedot ke dalam budaya dan cara hidup yang menantang dan menyenangkan itu,' demikian ungkap Wacks. 

Menurut Wacks, pekerjaan sampingan itu bukan hanya bagus tapi sangat penting!

'Pekerjaan sampingan memberikan Anda cara pandang terhadap pekerjaan utama Anda. Jika Anda tidak mempunyainya, Anda akan tenggelam dalam pekerjaan Anda sehingga ada bagian diri diri Anda yang lama-lama akan menghilang.'

Ini bukan tentang membangun keseimbangan, tetapi tentang membangun budaya didalam diri Anda sendiri, nilai-nilai pribadian Anda, sesuatu yang diluar jam 9-5 dan yang akan memotivasi diri Anda untuk terus berkembang. Ambillah waktu untuk menanyakan tiga hal ini:

a Apa yang Anda anggap bernilai dalam karir dan kehidupan Anda?

b Apa yang jadi target jangka pendek Anda?

c Seperti apa diri Anda dalam lima tahun atau sepuluh tahun ke depan?

baca juga : Kencan Tapi Nggak Buang Duit? 6 Tips Dating Ini Dijamin Bikin Kantong Kamu Nggak Bolong

2#  Buatlah batasan dan struktur

Dengan perkembangan tekhnologi seperti saat ini, sangat sulit untuk Anda lepas dari pekerjaan. 

'Dalam dunia Startup saat ini, jam kerja begitu intens dan dengan tekhnologi, yang membuat Anda tidak bisa berhenti. Anda bisa berkata Anda tidak meninggalkan kantor pada jam enam. Saya cuma memindahkannya.'

Pekerjaan sampingan harusnya tidak mempengaruhi performa pekerjaan Anda, tetapi sangat penting untuk membuat batasan. 

'Anda perlu menjadikannya terstruktur. Anda tidak bisa hanya memiliki ide di kepalamu selama tiga, empat atau lima tahun,' demikian ungkap Wack.

Memiliki komitmen dengan kerja terjadwal khusus untuk proyek pribadi Anda itu sangat penting. Jangan memeriksa email pekerjaan pada jam itu, dan jangan merasa bersalah dengan menolak acara berhubungan dengan pekerjaan yang tidak terlalu penting.

Buatlah target waktu untuk setiap tahapan dari proyek Anda agar bisa tetap sesuai rencana. Buatlah target waktu itu sejajar dengan dengan indikator performa yang berhubungan dengan proyek Anda. 

baca juga : Kuatir Tidak Mengubah Apapun, Berserahlah Kepada Tuhan!

3#  Buat passion Anda jadi penghasil uang

Apa yang salah dari kebanyakan orang tentang kerja sampingan adalah hal itu bukan hanya sekedar menghasilkan tambahan uang atau mengejar apa yang yang menjadi hasrat terbesar Anda. Dua hal itu harus ada. 

Namun tetap, jangan sampai fokus Anda pada passion Anda teralihkan oleh keuntungan finansial yang Anda dapat. Hal itu hanyalah bonus!

4#  Kelilingi diri Anda dengan orang-orang yang memiliki passion yang sama

Mengerjakan pekerjaan sampingan bisa membuat Anda menghabiskan waktu lebih banyak sendiri. Namun jangan sampai karenanya Anda tidak memiliki kehidupan sosial. Bertemu dengan orang-orang yang memiliki passion yang sama, dan juga menjaga hubungan dengan sahabat dan keluarga penting bagi kesehatan dan juga kesejahteraan Anda. Jadi aturlah waktu Anda sebaik-baiknya, sehingga sekalipun Anda sibuk dengan pekerjaan sampingan Anda, Anda tetap memiliki waktu untuk bergaul dengan orang lain.. 

Selain itu ingat ya, penting banget untuk tetap menjaga fokus saat Anda di pekerjaan, jangan sampai pekerjaan sampingan mengganggu konsentrasi Anda. Jika memang usaha yang Anda kerjakan mulai berkembang dan butuh fokus lebih, Anda harus pertimbangkan baik-baik untuk meninggalkan pekerjaan, namun buatlah persiapan yang matang ya.

baca juga : Jangan Pernah Berpikir Kamu Nggak Bisa Buat Apa-apa, Buatlah Perbedaan dengan Kuasa Tuhan!

Sumber : Forbes.com

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK