ARTICLE

Fri - Apr 27, 2018 / 4354 /

Jadikan Kelas Lebih Menyenangkan dengan Permainan Tentang AMARAH

Bosannya belajar Firman Tuhan dengan cara yang itu-itu saja. Dimulai dari pujian, doa, mendengarkan Firman Tuhan lewat boneka peraga atau gambar, lalu terakhir persembahan. Begitu setiap minggunya. Anak-anak membutuhkan keseruan lainnya juga lho Super Teacher untuk mengerti Firman Tuhan. Lalu caranya gimana?

Nah kali ini, Super Teacher akan menemukan solusi yang membuat sekolah Minggu Anda jadi makin seru dan menyenangkan. Bukan cuma bisa memberikan pemahaman tentang Firman Tuhan (atau sisi kognitif dan afektif), tapi kegiatan-kegiatan ini juga bisa melatih psikomotorik anak lho. Berikut ulasannya:

Ping-pong Amarah

Bahan                                   :

Alkitab, bola ping pong, spidol permanen yang ujungnya runcing, ketapel, dan beberapa mainan balok kecil.

Langkah permainan        :

Bagi anak menjadi beberapa kelompok yang berisi 10 anak. Bagi balok menjadi jumlah yang sama untuk setiap kelompok. Berikan waktu kepada setiap kelompok untuk menyusun baloknya menjadi sebuah menara. Kemudian berikan setiap kelompok 4 sampai 5 bola ping-pong. Mintalah anak-anak untuk menuliskan di bola ping-pong tersebut, hal-hal yang membuat mereka kesal dan marah.

Ucapkan                              :

Ayo kita mulai permainan ini! Tujuan utama kalian adalah menjatuhkan menara tim lawan. Gunakan ketapel dan bola ping-pong untuk menjatuhkannya. Tapi syaratnya, kalian harus berdiri sejauh 3 meter dari depan menara lawan ya (tunjukkan posisi dimana mereka harus berdiri).

Sekarang sebelum permainan dimulai, pikirkan kata-kata yang sudah kalian tuliskan tadi di bola ping-pong tersebut. Apa yang membuat kemarahan tersebut ‘mempengaruhi’ hidup kalian atau orang-orang di sekitar kalian? (Mulailah permainan sampai ada salah satu menara yang baloknya sudah rubuh semua).

Sumber: Pinterest

Kesimpulan                        :

Baca dengan keras bersama dengan anak Efesus 4: 26-27, “Apabila kamu menjadi marah, janganlah kamu berbuat dosa: janganlah matahari terbenam, sebelum padam amarahmu dan janganlah beri kesempatan kepada Iblis.” 

Bahaslah bersama anak-anak bahwa kemarahan mereka sebenarnya bisa menjadi dasar untuk si iblis menguasai hidup kita. Apalagi kalau amarah kita pada orang lain tidak padam-padam atau mereka belum bisa mengampuni. Terakhir, tanyakan kepada mereka tentang apa yang anak bisa lakukan untuk mengatasi rasa kesal dan marah mereka dengan cara Tuhan.

Mau dapat terus tips-tips untuk guru sekolah minggu? Ikuti terus artikel-artikel Superbook yaa...(CC)

Sumber: childrensministry

Baca juga:

ALASAN UTAMA KENAPA ANAK HARUS BELAJAR ALKITAB SEDARI DINI?

3 ALASAN MENGAPA MEMBACA ALKITAB SECARA RUTIN PENTING UNTUK ANAK

TIDAK PERLU KHAWATIR KALAU JUMLAH GURU SEKOLAH MINGGU SEDIKIT, COBA METODE INI YUK

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK