ARTICLE

Wed - Dec 11, 2019 / 546 / Inspirational

Heboh Balita Menghilang Kemudian Meninggal Setelah Dititipkan, Ini Tips Menitipkan Anak

Kaget sekaligus takut, plus geram. Itulah reaksi mimin saat mendengar kabar tentang ditemukannya mayat bayi tanpa kepala di Samarinda, Kalimantan Timur. Bagaimana tidak, selain anaknya masih sangat kecil, kok bisa dia keluar daycare tanpa diketahui siapapun.

Kejadian ini membuat para orangtua termasuk mimin jadi waswas kalau mau menitipkan anak di daycare. Padahal daycare sangat dibutuhkan oleh orangtua yang keduanya bekerja untuk menitipkan sementara anaknya. Orangtua perlu mengenal dan memperhatikan lingkungan berserta orang yang akan mengasuh anak nantinya.

Baca juga : JUTAAN ORANG TIDAK MENYADARINYA! MANFAAT LAIN SEKOLAH UNTUK ANAK!

Terus gimana donk kalau kita bekerja, tidak ada keluarga yang bisa kita minta tolong untuk menitipkan anak, dan mau memilih daycare sebagai jalan keluar?

Kenali tempat dan lingkungan

Langkah pertama yang perlu kitia lakukan adalah mengenali dengan baik daycare-nya. Apakah lingkungannya aman, ada CCTV untuk memantau kegiatan anak, kegiatan atau program apa saja yang dilakukan dalam sehari.

 Sumber : Adinda Daycare

Mengenali pengasuh atau guru di daycare tersebut

Penting bagi orangtua untuk mengenal dengan baik siapa yang akan mengasuh dan menjaga anak nantinya. Mulai dari bagaimana cara mereka mengasuh anak dan cara berkomunikasinya. Ketika kita sudah mengenal, kita bisa mempertimbangkan apakah anak aman atau tidak jika dititipkan. Kan kalau sudah kenal jadi tidak begitu khawatir lagi.

 Baca juga : INILAH SISI LAIN RAJA SALOMO YANG MUNGKIN BELUM KAMU KETAHUI PART 2

Membangun komunikasi yang baik dengan anak dan orang-orang sekitar

Saat anak sudah bisa bicara, latih anak untuk selalu terbuka kepada kita agar kalau ia mengalami apapun, anak bisa cerita dan tidak perlu takut. Selain itu, orangtua juga perlu membangun komunikasi dengan orangtua lainnya yang menitipkan anak dan orang-orang di sekitar daycare.

Itulah pertimbangan-pertimbangan yang bisa jadi referensi kita sebelum menitipkan anak di daycare. Memang merawat anak sendiri atau secara langsung adalah yang terbaik, tapi jika kondisi tidak memungkinkan semoga tips ini bisa membantu.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK