ARTICLE

Mon - Sep 17, 2018 / 4047 / Inspirational

Gereja yang Indah dan Penuh Makna Alkitabiah Ini Ternyata Ada di Indonesia Lho!

Gereja bukanlah gedungnya, dan bukan pula menaranya.

Bukalah pintunya, lihat didalamnya.

Gereja adalah orangnya. Masih ingat dengan lirik lagu tersebut?

Walaupun gereja adalah orangnya, gereja yang ini membuat mimin kagum banget lho. Selain pembangunannya menghabiskan dana yang cukup besar, gereja ini punya makna yang Alkitabiah lho.

Baca juga : 5 CARA AMPUH UNTUK MENGENALKAN TUHAN SEDARI DINI KEPADA ANAK, COBA YUK!

Masyarakat suku Dayak beragama Katolik di kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat patut bergembira. Pasalnya, Uskup Agung Jakarta, Mgr Ignatius Suharyo telah meresmikan pembangunan Gereja Katedral Hati Kudus Yesus Sanggau pada Selasa, 11 September 2018. Tak tanggung-tanggung, pembangunan katedral ini menghabiskan dana senilai Rp 35 milliar. Nilai inipun dianggap cukup untuk memenuhi biaya dari desain katedral yang terbilang mewah.

Sebagaimana disampaikan Ketua Panitia Pelaksana, Pastor Richardus Riady Pr, adapun luas Katedral itu diperkirakan akan mampu menampung sebanyak 1500 jemaat di ruang utama dan 1000 jemaat di bagian balkon. Untuk desainnya sendiri dipilih sedemikian rupa yaitu desain menyerupai katedral bernuansa Romawi. Mulai dari pondasi dasar seperti salib Romawi dan dipadupadankan dengan unsur budaya setempat.

Sumber: Sesawi.net

Uniknya, katedral ini juga akan dilengkapi dengan tujuh menara sebagai simbol dari lumbung padi masyarakat Dayak.

“Di setiap lumbung padi itu ada juga tiang-tiang sanding dan di tengah gereja ada dua tiang sanding utama sebagai penyanggah gereja. Kemudian di kaca-kaca patri menggambarkan sejarah keselamatan umat manusia mulai dari penciptaan Adam dan Hawa yang ditempatkan di Taman Eden,” kata pastor Richardus, seperti dikutip Tribunnews.com, Selasa (11/9).

Tak hanya itu, kaca-kaca patri juga akan dihiasi dengan kisah kejatuhan manusia ke dalam dosa sampai kedatangan Yesus ke dunia dan menjalani proses penyaliban di kayu salib.

Baca juga: KETAHUI 2 PENYEBAB UTAMA HILANGNYA PENGUASAAN DIRI DEMI MENCEGAH AKIBAT BURUKNYA

Di kaca patri itu juga disematkan gambaran bagaimana Allah mengutus Roh Kudus ke dunia sebagai penolong. Lukisan kisah alkitab yang begitu lengkap inilah yang menghiasi ruang kaca patri Katedral Sanggau.

Pastor Richardus mengaku bahwa dana pembangunan Katedral ini dihasilkan dari swadaya masyarakat sebesar Rp 14 miliar, kemudian ada bantuan dari Pemda Sanggau, Pemda Sekadau, Pemerintah Privinsi Kalbar dan donatur-donatur lain baik lokal maupun dari luar Kalimantan sendiri.

Sementara proses pembangunannya memakan waktu selama 7 tahun. “Dari awal sampai sekarang persis tujuh tahun gereja ini. Angka tujuh dalam masyarakat Dayak cukup bagus, juga dalam gereja Katolik itu sesuatu yang sangat bagus melambangkan tujuh sakramen,” ucapnya.

Sumber : Tribunnews.com

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK BAGIKAN ARTIKEL INI.

Contasia Christie

Content writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK