ARTICLE

Thu - Apr 09, 2020 / 755 / Parenting

Cara Membangun Iman Kepercayaan Anak di Rumah

Tak terasa kita sudah tiga minggu kita tidak bergereja dan anak-anak tidak ke sekolah Minggu ya. Tapi jangan sampai kondisi seperti ini menyurutkan kita untuk selalu dekat dengan Tuhan terutama pada pemuridan anak-anak. Tanpa adanya sekolah Minggu, ini kesempatan Superparents untuk memelihara keimanan anak secara langsung dalam keluarga di rumah.

Jadi bagaimana caranya agar kita tetap bisa memperlengkapi keluarga kita walaupun tidak bisa ke gereja dan bersekolah Minggu? Superbook ada 3 prinsip yang mungkin bisa Superparents aplikasikan:

Baca juga : 5 IDE KEREN UNTUK PERMAINAN SELINGAN ANAK SELAMA BELAJAR DI RUMAH

1. Tersedia

Yang membuat kita khawatir dengan kondisi ini adalah anak-anak tidak bisa merasakan bertemu, bersekutu, dan belajar firman Tuhan bersama dengan teman-temannya. Hal yang dapat kita lakukan adalah proaktif dengan keluarga lainnya. Misalnya bisa dengan melakukan video call lalu bersekutu bersama keluarga atau anak sekolah Minggu lainnya. Superparents bisa menggunakan aplikasi ZOOM atau Google Hangouts.

Superparents juga bisa saling menanyakan keadaan, mendoakan, bahkan saling membantu jika ada keluarga yang mengalami kesulitan. Apalagi saat kondisi PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar), pasti banyak keluarga terdampak secara ekonomi. Inilah saatnya kita berlaku seperti jemaat mula-mula, yaitu saling membantu.

 

2. Mencari model pemuridan untuk anak yang sesuai

Mimin mengerti mendidik, melatih, dan membangun iman kepercayaan anak itu tidak mudah saat WFH seperti ini. Orang tua dituntut harus tetap bekerja di rumah sambil membantu anaknya mengerjakan tugas juga. Oleh karena itu, untuk memuridkan anak, orang tua juga membutuhkan alat dan referensi agar mereka bisa melakukannya bak guru sekolah Minggu.

Superbook menyediakan berbagai sarana yang bisa dipakai oleh Superparents dimana saja dan kapan saja. Saat anak penat belajar, Superparents bisa arahkan anak untuk bermain sambil belajar dari Alkitab di link http://superbookindo.tv/. Agar anak bisa bersaat teduh dan berlatih doa, Superparents bisa ke link ini DAILY DEVOTIONAL SUPERBOOK. Untuk melihat games, beberapa video Superbook yang keren, dan Sekolah Minggu LIVE, Superparents bisa membuka Youtube dan search ‘Superbook Indonesia’.

 Baca juga : SEBAIKNYA TUNDA MEMBAWA ANAK KE RUMAH SAKIT, KECUALI MENGALAMI HAL INI

3. Melakukan pelayanan keluar

Di saat orang-orang panik dan memikirkan dirinya sendiri, justru Superbook mau mengajak kita semua untuk tetap melayani orang lain yang membutuhkan. Caranya :

Mendoakan

Tetap hubungi orang-orang atau keluarga yang Superparents kenal, lalu menanyakan bagaimana kondisi mereka dan apa yang perlu didoakan. Bersama anak, buatlah list lalu doakan bersama keluarga.

Membantu orang lain

Ajak anak untukmemotivasi atau membantu orang lain saat pandemi ini. Superparents bisa mengajak mereka membuat kartu untuk menyemangati ojek online, tukang sayur atau makanan keliling, dan orang lain yang lewat di depan rumah. Atau bisa menyediakan makanan untuk mereka yang membutuhkan.

Kita sendiri tidak tahu akan sampai kapan masa ini berlangsung. Tapi kita harus terus mengamalkan kasih Tuhan dan mengajarkan anak berbagai hal untuk menumbuhkan iman kepercayaan mereka di rumah. Jadilah garam dan terang ya…

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK