ARTICLE

Fri - Aug 14, 2020 / 2030 / Sunday School

Belajar Tentang Pengorbanan Kristus dengan Percobaan Ilmiah yang Keren!

Ada banyak cara untuk belajar dengan menyenangkan. Salah satunya dengan percobaan ilmiah. Selain anak bisa belajar, mereka juga bisa bermain dan mengerti secara alamiah apa yang sedang terjadi. Nah, kakak guru sekolah minggu bisa juga lho mengajarkan firman Tuhan dengan percobaan ilmiah yang super keren. Salah satunya dengan lada dan garam.

 

Bahan yang dibutuhkan :

Piring

1 sendok makan garam

1 sendok lada/ lada hitam (biar lebih terlihat)

1 buah balon merah (boleh disediakan juga cadangannya)

 Baca juga : MERAYAKAN HARI PRAMUKA SAMBIL BELAJAR DI SEKOLAH MINGGU

Cara bermain:

  1. Taruh garam dan lada di atas piring, lalu aduk. Undang salah satu anak untuk membantu memisahkan antara garam dan lada yang kakak aduk. Pasti susah kan? Ini cara mudahnya.
  2. Tiup balon lalu ikat yang kuat.
  3. Gosok balon ke rambut kakak beberapa menit.
  4. Lalu pegang balon dan taruh di atas piring, tapi tidak menyentuh piring. Pegang bolak balik agar ladanya menempel ke balon.
  5. Lalu angkat balon dan tunjukkan lada yang terangkat.

 Baca juga : APA SIH YANG HARUS DILAKUKAN KALAU ADA GENG ANAK DI DALAM KELAS SEKOLAH MINGGU?

Penjelasan:

Kakak punya kabar buruk dik. Ternyata kita semua telah melakukan hal buruk. Roma 3: 23 mengatakan, “Karena semua orang telah berbuat dosa dan kehilangan kemuliaan Allah.” Seperti balon merah dan lada ini. Balon merah melambangkan darah Kristus yang dicurahkan demi menebus dosa kita. Dan lada melambangkan dosa kita. Sedangkan garam melambangkan diri kita.

Tapi kabar baiknya, bisa kita baca di Yohanes 3:16, “Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.”

Coba kakak gosok-gosok balonnya ke rambut kakak ya. Kita lihat apa hasilnya terhadap dosa-dosa kita. WOW!! Balon ini mengangkat lada yang ada pada garam.  Kita semua adalah orang yang berdosa, tapi saat kita percaya dan meminta pengampunan dari Tuhan Yesus, maka Ia akan mengangkat dosa dan membersihkan kita kembali. Sama seperti balon yang mengangkat lada tadi. Tuhan akan menghapus dosa kita.

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK