ARTICLE

Wed - May 10, 2023 / 9263 / Inspirational

Apa Sih Peran Roh Kudus Dalam Hidup Orang Percaya?

Saat kita menerima Tuhan Yesus dalam hidup kita, Tuhan Yesus memberikan kita Roh Kudus-Nya.

Apa sih peranan Roh Kudus ini dalam hidup orang percaya?
Peran Roh Kudus bisa kita ilustrasikan seperti KOMPAS.

Kompas merupakan alat bantu untuk menentukan arah mata angin. Seseorang yang suka berpetualang haruslah dapat menguasai Kompas agar tidak tersesat dalam perjalanan. Kompas bekerja dengan cara tarik-menarik antara magnet pada kompas dengan kutub magnet bumi. Sehingga Kompas akan selalu menunjuk ke arah Utara dan Selatan arah mata angin. Yang ditunjukkan adalah Utara, Selatan, Timur dan Barat.

 

Baca Juga: AJARKAN 5 HAL TENTANG ROH KUDUS KEPADA ANAK, AGAR IMAN MEREKA SEMAKIN KUAT

 

Sama seperti sebuah Kompas yang membantu orang untuk menemukan arah yang benar, Roh Kudus juga membimbing orang percaya dalam mengambil keputusan yang benar dan
mencari kebenaran dalam hidup mereka, sehingga mereka jadi tidak tersesat dan tidak memilih jalan yang salah tapi bisa terus di jalan Tuhan yang benar.

Ada 5 ayat Alkitab yang menyebutkan tentang peran Roh Kudus, diantaranya:


1. Menginsafkan dunia akan dosa


Yohanes 16: 8, “Dan kalau Ia datang, Ia akan menginsafkan dunia akan dosa, kebenaran dan penghakiman”

 

2. Menjadi Penolong


Yohanes 14: 16, “Aku akan minta kepada Bapa, dan Ia akan memberikan kepadamu seorang Penolong yang lain, supaya Ia menyertai kamu selama-lamanya…”

 

Baca Juga: ROH KUDUS , ADA DIMANA YA ?

 

3. Menjadi penghibur orang-orang percaya


Yohanes 14:6, “Kata Yesus kepadanya: 'Akulah jalan dan kebenaran dan hidup. Tidak ada seorang pun yang datang kepada Bapa, kalau tidak melalui Aku.'

 

4. Menyertai orang percaya


Yohanes 14:17, “..yaitu Roh Kebenaran. Dunia tidak dapat menerima Dia, sebab dunia tidak melihat Dia dan tidak mengenal Dia. Tetapi kamu mengenal Dia, sebab Ia menyertai kamu dan akan diam di dalam kamu”.

 

5. Memberi kepada kita kuasa untuk menjadi saksi-Nya

Kisah Para Rasul 1: 8, “Tetapi kamu akan menerima kuasa, kalau Roh Kudus turun ke atas kamu, dan kamu akan menjadi saksi-Ku di Yerusalem dan di seluruh Yudea dan Samaria dan sampai ke ujung bumi.”

Semoga informasi ini membantu kita memahami peran Roh Kudus dan membuka diri untuk mengalaminya secara pribadi.

 

Lori

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK