ARTICLE

Tue - Aug 20, 2019 / 1603 / Inspirational

Aduh, Ada Kerusuhan! Antisipasi Anak Dengan Pemahaman Ini!

Kemarin, kita dikejutkan dengan insiden yang terjadi di Manokwari. Papua Barat. Terjadi unjuk rasa yang berujung pembakaran gedung DPRD Papua Barat. Aksi ini dipicu oleh peristiwa penghinaan terhadap mahasiswa Papua di beberapa kampus di Surabaya dan Malang. Dengan ini, beberapa orang resah dengan kedamaian di Indonesia, termasuk SuperParents dan kakak GSM.

Tapi, tahukah SuperParents dan kakak GSM, banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari insiden ini. Pelajaran ini, khususnya, bisa kita praktikkan untuk anak-anak kita, lho. Apa aja sih yang bisa kita pelajari??

Baca juga: TAKUT PELECEHAN SEKSUAL TERJADI PADA ANAK KITA? YUK, KENALI PENCEGAHANNYA!

  1. Belajar menghargai satu sama lain

Asal mula dari kejadian ini adalah karena beberapa orang menghina mahasiswa Papua. Itu artinya, menghargai adalah sesuatu yang penting. Banyak sekali anak-anak yang tidak bisa menghargai satu sama lain, dengan masih maraknya bullying di sekolah. Diharapkan setelah kejadian ini, SuperParents dan kakak GSM bisa mengajari anak bahwa tidak menghargai satu sama lain bisa menimbulkan perpecahan.

Sumber: Christie Thomas

  1. Jangan mudah terpancing emosinya

Penting bagi anak-anak untuk diajarkan tentang pentingnya pengendalian diri. Karena nyatanya, banyak pertengkaran, bahkan berujung tawuran, di Indonesia terjadi karena tidak bisa menahan emosi satu sama lain. Maka dari itu, SuperParents dan kakak GSM bisa mengajarkan bahwa pengendalian emosi bisa menghindari anak-anak dari banyak hal buruk yang terjadi.

Baca juga: PELAYANANKU, PERSIAPANKU: (PART 1) SI PEMIMPIN MUDA YANG TIDAK SABAR

  1. Berdoa bagi kedamaian bangsa

Banyak anak yang tidak pernah diajarkan orang tuanya atau di sekolah Minggu untuk mendoakan kedamaian bangsanya. Jika SuperParents dan kakak GSM adalah salah satu dari mereka, maka manfaatkan kejadian ini bisa menjadi awal untuk bisa menanamkan pada mereka bahwa sangat penting untuk berdoa bagi kedamaian bangsa kita.

Jadi, SuperParents dan kakak GSM, yuk sama-sama kita ajar anak-anak kita untuk berdoa bagi kedamaian Indonesia. Karena, Yeremia 29:7 berkata, “Usahakanlah kesejahteraan kota ke mana kamu Aku buang, dan berdoalah untuk kota itu kepada TUHAN, sebab kesejahteraannya adalah kesejahteraanmu.” Tetap berdoa buat kedamaian di Papua ya!

Daniel Okta

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK