ARTICLE

Tue - Oct 06, 2020 / 216 / Inspirational

9 Hal Penting yang Dibutuhkan Agar Hubungan Sehat dan Harmonis

Lanjut ke pelaminan atau menua bersama pasangan pasti jadi impian hampir semua orang. Tapi buat jalaninnya ternyata nggak semudah yang dibayangkan. Untuk mempertahankan sebuah hubungan, kita tidak hanya bisa berbekal atau modal cinta. Justru cinta buta malah yang jadi berbahaya. Jadi apa yang dibutuhkan untuk mempertahankan hubungan yang sehat? Yuk kita simak pendapat Andrea Bonior, Ph.D, psikolog klinis di Washington DC, Amerika Serikat.

  1. Kepercayaan

Pasti banget nih dalam sebuah hubungan, kepercayaan adalah pondasi paling kuat sebuah hubungan untuk membangun kedekatak emosional. Tanpa kepercayaan, hubungan akan rusak karena rasa curiga yang justru membebani kita atau pasangan.

 Baca juga : 10 AYAT ALKITAB YANG BISA MEMOTIVASI DAN MENGINSPIRASI PARA JOMBLO

  1. Komunikasi

Orang yang pandai berbicara belum tentu lho pandai dalam berkomunikasi. Kok bisa? Ya karena dalam berkomunikasi dengan pasangan, kita harus jujur, terbuka, penuh penghargaan terhadap pasangan, dan tidak menyudutkan mereka. Oleh karena itu, kita butuh belajar bersama pasangan untuk mewujudkannya.

 

  1. Kesabaran

Kesabaran untuk memberikan dukungan kepada pasangan dan bersifat fleksibel (bukan mengalah) saat mereka dalam kondisi terburuknya adalah aset seorang pasangan yang luar biasa. Pasangan akan merasa dicintai tanpa syarat ketika kita mampu menyesuaikan diri dengan pasang surut suasana hatinya.

 

  1. Empati

Berusaha menempatkan diri pada perspektif pasangan, bahkan saat kita tidak setuju dengannya adalah hal yang berharga dalam suatu hubungan. Empati yang kita berikan bisa membuat mereka merasa didukung. Inilah yang bisa membuat hubungan kita bertahan dalam jangka panjang.

 

  1. Kasih

Tentunya kasih adalah bahasa yang dibutuhkan oleh semua orang. Tanpa kasih sulit ada kedamaian dan pengampunan. Kita semua setuju donk kalau kasih yang bisa membuat hubungan paling bertahan lama.

 Baca juga : 3 IDE HADIAH ATAU KADO ANAK AGAR MEREKA BISA BELAJAR FIRMAN TUHAN

  1. Apresiasi

Semakin kita mengapresiasi pasangan, maka semakin kita bersyukur atas hubungan yang telah terjalin. Di samping itu, pasangan merasa dihargai atas apa yang dia lakukan.

 

  1. Ruang untuk tumbuh

Tidak sedikit hubungan yang akhirnya menjadi mengekang pasangannya, bukannya memberikan ruang untuk berkembang. Ini tidak sehat! Hubungan yang sehat, justru mendorong pasangan untuk mewujudkan minat dan tujuannya.

 

  1. Menghormati

Dalam hubungan yang sehat, orang-orang harus mampu berbicara satu dengan yang lain dengan tidak merendahkan atau meremehkan. Hubungan yang baik itu menghormati pendapat, waktu, dan privasi satu dengan yang lain.

 

  1. Penyelesaian masalah

Hubungan yang baik adalah hubungan yang pasangannya mampu menyelesaikan masalah dengan terbuka. Janganlah kita menyembunyikan kekesalan kita terhadap pasangan bahkan sampai mendendam. Justru jika kita mempertahankan kekesalan, itulah yang bisa merusak hubungan suatu hari nanti.

 

Sumber: Parenting.co.id

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK