ARTICLE

Fri - Nov 02, 2018 / 744 / Parenting

9 Cara Menghindarkan Anak Menjadi Target dan Korban Penculikan!

Akhir-akhir ini mulai marak lagi penculikan anak. Hal ini juga saya alami di daerah Tangerang Selatan. Sebagai orangtua, rasanya pasti was-was pada kabar yang beredar. Jadi, sebelum terlambat, sebaiknya sebagai orangtua dan pemerhati anak, kita perlu memperhatikan beberapa hal untuk meningkatkan kewaspadaan.

Penculikan adalah tindakan kriminal yang kerap diambil para pelanggar hukum untuk mengambil keuntungan sendiri dan merugikan orang lain. Keuntungan yang biasa mereka cari adalah mendapatkan uang banyak secara instan.

Baca juga : PENTING! AJARKAN ANAK SUPERPARENTS CARA INI UNTUK MENYELAMATKAN HIDUP MEREKA

Mari, mulai sekarang kita menjaga anak kita agar terhindar menjadi korban penculikan dari orang-orang tidak bertanggung jawab:

1. Jangan biarkan anak main di teras rumah tanpa pengawasan, walau terkesan aman, tetap waspada.

2. Pengawas harus selalu menjaga dengan jarak yang dekat, saat menjaga anak jangan main ponsel dan lengah.

3. Jemput anak ke sekolah lebih awal dari jadwal dia pulang biasanya.

4. Jangan biarkan anak-anak usia TK, SD main mendekati pagar dan pintu luar gerbang sekolah.

5. Jangan biarkan anak pergi ke toilet, kasir, wastafel sendirian.

6. Jangan biarkan anak berkeliaran sendirian di mall, masjid, pasar dan tempat umum lainnya. 

Baca juga: CARA AMPUH MELATIH ANAK MENJAGA DIRI DARI BAHAYA DISEKITARNYA

7. Baik sedang jalan di tempat aman atau keramaian usahakan tetap menggandeng tangan anak.

8. Ajari anak untuk waspada, perhatikan lingkungan sekitar, pelajari dan kenali ciri-ciri, berteriak jika ada yang mengganggu, laporkan jika ada yang mencurigakan.

9. Ajari anak untuk tidak menerima tawaran, ajakan, bujukan apapun dari orang yang tidak dikenal dan juga selalu menanyakan orangtuanya terlebih dahulu pada orang yang sudah dikenal (sebagian kasus penculikan juga pelakunya adalah orang yang sudah dikenal).

Tanpa bermaksud untuk menakut-nakuti, tetapi setiap anak punya potensi menjadi korban penculikan. Mari lakukan 9 hal sederhana di atas ini di dalam kehidupan kita sehari-hari. Sambil juga kita berdoa dan mempercayakan kehidupan anak kita kepada Tuhan. Penjagaan-Nya jauh lebih berkuasa dari penjagaan manusia manapun.

Sumber: jawaban.com
 

Contasia Christie

Content writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK