ARTICLE

Wed - Jan 30, 2019 / 934 / Parenting

12 Kemampuan Dasar Penting yang Harus Dimiliki Anak Sebelum 18 Tahun

Sebagai orangtua, pastinya kita sangat mencintai anak kita. Namun terkadang kita terlalu banyak membantu anak-anak, sehingga mereka tidak terbiasa memenuhi kebutuhannya sendiri. Akhirnya mereka bertumbuh menjadi pribadi yang tidak siap untuk menghadapi dunia pada saat dewasa.

Menurut Julie Lythcott-Haims, mantan dekan di Standford Univesity dan penulis buku “How to Raise an Adult: Break Free of the Overparenting Trap and Prepare Your Kid for Success”, ada 12 kemampuan dasar yang harus anak kuasai sebelum mereka berumur 18 tahun:

 

1. Membuat makanan sendiri

Ajarkan mereka memasak makanan yang mudah terlebih dahulu. Seperti untuk menyiapkan sarapannya sendiri. Misalnya bagaimana caranya membuat roti bakar, memasak telur goreng/ rebus, membuat sereal, memasak nasi goreng, memasak nasi, memasak mie instan, dll.

 Baca juga: INI NIH CARA AMPUH UNTUK MEMBUAT ANAK MENJADI PENURUT

2. Bangun tepat waktu sendiri

Penting bagi anak untuk bisa bangun tepat waktu dan tidak terlambat tanpa dibangunkan oleh orangtua. Entah bangun karena jam weker, alarm handphone, ataupun alat lainnya.

 

3. Mencuci baju

Minimal anak bisa mencuci baju “dalamannya” sendiri lah setiap hari. Setelah itu, SuperParents bisa mengajarkannya bagaimana caranya mencuci dengan tangan atau mesin cuci.

 

4. Mindset untuk berinisiatif dan ambil bagian

Saking terbiasanya diarahkan oleh orangtua, si anak saat besar jadi tidak punya inisiatif dan lebih memilih dirinya untuk disuruh atau diarahkan. Kalau tidak diminta ya tidak dikerjakan.

 

5. Mengisi bensin (bagi anak yang nantinya akan punya kendaraan)

Jangan diberikan kendaraan sebelum mereka memiliki SIM dan berumur 17 tahun keatas. Namun sebelum mereka punya kendaraan, tidak ada salahnya jika SuperParents mengajarkannya bagaimana mengisi bensin, berapa takarannya, dan bagaimana memelihara kendaraan.

 

Sumber : Pinterest

6. Membela diri sendiri

Biarkan anak belajar bertanggung jawab dan berusaha semaksimal mungkin. Kurangi membantu mereka jika sebenarnya mereka bisa melakukannya sendiri. Justru berikan motivasi kepada mereka agar bisa memberikan yang terbaik dan bijaksana dalam menjawab “kata-kata yang merendahkan” dari orang lain.

 

7. Menyiapkan kebutuhannya sendiri

Jangan terbiasa membereskan kebutuhan sekolah anak. Biarkan mereka berlatih untuk packing barang-barang yang dibutuhkannya. Agar jika ada yang tertinggal mereka bisa berlatih juga bertanggung jawab.

 

8. Memesan makanan

Ada aja lho anak yang sudah beranjak remaja tapi masih tidak bisa memesan makanan sendiri. Wah… wah… sebaiknya ajarkan dari sekarang ya SuperParents bagaimana mereka harus menatap mata pelayan ketika memesan makanan, sopan, jelas saat mengucapkan pilihan makanan, dan jangan lupa mengucapkan ‘terima kasih’.

 Baca juga : PERLU TAHU! KENALI DAN HINDARKAN ANAK DARI EKSPLOITASI SEKSUAL SECARA ONLINE

9. Berbicara dengan orang asing

Dalam perkembangannya kehidupan anak akan semakin banyak bertemu orang asing. Dulu saat anak-anak kita selalu mengingatkan mereka untuk jangan berbicara dengan orang asing, namun jika anak mulai beranjak besar aturan ini mulai berubah. Latihlah mereka untuk mengenal orang-orang yang boleh diajak berbicara dan bagaimana bercakap dengan mereka. Misalnya dengan pelayan di took, menanyakan jalan, memesan angkutan online, dan lain-lain.

 

10. Belanja barang kebutuhan

Pernahkah SuperParents sadar kalau sebenarnya penempatan dan petunjuk yang ada di supermarket itu cukup memberikan informasi? Nah agar anak bisa belajar mandiri, tugaskanlah mereka mengambil 10-12 barang. Kalau ini dilakukan oleh anak yang sudah berumur 12 tahun ke atas ya.

 

11. Merencanakan liburan

Sesekali berikan kesempatan kepada anak SuperParents untuk merencanakan liburan bersama keluarga ya. Supaya mereka bisa belajar mengambil keputusan, mencari referensi, menghitung budget liburan, dan lain-lain.

 

12. Belajar menggunakan transportasi umum

Wah kalau sudah besar masih diantar kemana-mana jadi ketergantungan terus ya. Oleh karena itu, ajarkanlah sedari dini bagaimana caranya menggunakan transportasi umum walaupun belum bisa ditinggal sendiri kalau mereka masih terlalu kecil. Setidaknya mereka tahu caranya membayar, berhenti dimana, dll.

 Sumber : parenting.com

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK