ARTICLE

Mon - Feb 03, 2020 / 874 / Parenting

10 Pola Asuh yang Tidak Sadar Kita Lakukan Tapi Ternyata Merugikan Anak (Part2)

Kemarin kita sudah melihat 5 pola asuh yang mungkin kita lakukan dan bisa merugikan anak. Nah sekarang ada 5 pola asuh yang bisa merusak pertumbuhan anak lanjutannya. Setelah ini mungkin ada sebagian besar dari kita yang mau memperbaiki pola asuh. Tapi ingatlah hal yang paling penting adalah bagaimana kita tetap konsisten melakukannya.

 Baca Sebelumnya : 10 POLA ASUH YANG TIDAK SADAR KITA LAKUKAN TAPI TERNYATA MERUGIKAN ANAK (PART1)

6.Tidak menikmati komunikasi bersama anak

Komunikasi dengan anak adalah hal terpenting dalam pola asuh. Tidak apa-apa kalau orang tua di rumah mengerjakan sesuatu sambil anak juga bermain sendiri, tapi coba jangan jadikan itu kebiasaan. Bukan hanya kehadiran kita yang mereka butuhkan, tapi rasa mereka dikasihi juga mereka perlukan.

 

7. Tidak mengajari anak tentang uang

Jangan sampai anak malah percaya uang muncul secara ajaib di mesin ATM dengan cuma-cuma. Ajarkan sedari dini cara menabung dan menggunakannya secara bijak, sehingga ketika dewasa mereka tidak akan kesulitan saat mengelola penghasilannya. Coba ketika SuperParents berbelanja, beri tahu kepada anak berapa jumlah uang yang bisa dikeluarkan saat itu untuk membatasi keinginan anak.

 Baca juga : CARA EFEKTIF MENANAMKAN EMPATI KE ANAK SEDARI DINI SEPERTI DI NEGARA DENMARK

8. Tidak cukup membuat anak bahagia

Mayoritas dari kita mempunyai kenangan indah yang diingat saat kecil. Semua anak harus punya banyak pengalaman baru dan tinggal di lingkungan yang sehat sehingga mereka tumbuh dengan bahagia. Hasilnya saat anak dewasa, mereka bisa lebih mudah beradaptasi dan memulai hubungan baru. Coba lakukan kegiatan menyenangkan bersama, setidaknya sehari sekali supaya anak punya banyak momen bahagia bersama orang tuanya.

 

9. Jarang memeluk anak

Pelukan adalah cara terbaik untuk menunjukkan kasih sayang dan mengurangi stres. Sayangnya masih banyak orang tua yang kurang melakukannya. Beberapa orang tua beranggapan terlalu menyayangi anak berdampak anak menjadi kurang patuh. Tapi kenyataannya semakin dewasa anak, mereka tidak akan mau dipeluk. Jadi nikmati pelukan bersama anak SuperParents selagi masih bisa.

 Baca juga : 7 CIRI ANAK YANG MENGALAMI STRES, YUK GURU SEKOLAH MINGGU DAN ORANGTUA MAKIN PEKA LAGI!

10. Tidak konsisten

Misalnya orang tua tidak mengijinkan anaknya mengonsumsi makanan yang tidak sehat. Tapi tiba-tiba karena kita terlalu capek memasak, kita memilih membeli hamburger untuk makan anak. Tau-tau besoknya, mereka akan meminta itu terus ketika makan. Nah lho! Kita harus berusaha mematuhi aturan yang kita buat sendiri.

Contoh lainnya, melarang bermain ponsel saat makan. Ini artinya bukan hanya berlaku untuk anak, tapi untuk kita juga dan orang-orang yang ada di rumah.

Sumber : Sisi Terang

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK