ARTICLE

Wed - Nov 07, 2018 / 1109 / Inspirational

10 Peristiwa Langit yang Dinantikan Sepanjang November! Ada Hujan Meteor Juga Lho!

Tepat seminggu kita melewati bulan November ini. Tahukah kamu, kalau bulan ini adalah bulan yang indah karena walaupun banyak hujan deras melanda Indonesia, ternyata di bulan ini banyak peristiwa langit yang terjadi lho! Kalau kamu pecinta ‘kejadian-kejadian langit’ pasti nggak mau ketinggalan informasi berikut ini.

Dilansir dari beberapa sumber yang dirangkum oleh IDN Times, inilah daftar peristiwa langit tersebut:

1. Hujan meteor Taurid, Senin, 5 November 2018

Memasuki awal November, siap-siap dimanjakan dengan peristiwa hujan meteor Taurid! Meski termasuk hujan meteor minor alias hanya berintensitas rendah, gak ada ruginya kamu untuk menyimak. Meteor ini berasal dari kepingan komet 2P/Encke dan setidaknya kamu bisa melihat 10 meteor per jamnya.

Sumber: Bronberg Weather Station Pretoria South Africa

Baca juga : ROW YOUR BOAT – ARTI LAGUNYA TERNYATA DALAM BANGET BUAT KEHIDUPAN IMAN KRISTEN KITA

2. Bulan baru, Rabu, 7 November 2018

Bulan akan masuk fase bulan baru pada 23.03 WIB. Fase ini terjadi ketika sudut elongasi antara matahari dan bulan hampir nol derajat. Sayangnya peristiwa ini gak bisa disaksikan karena bulan berada di antara matahari dan bumi. Gerhana matahari pun gak terjadi karena kemiringan orbit bulan terhadap bumi mencapai 5 derajat. 

3. Segitiga bulan-Merkurius-Jupiter, Jumat, 9 November 2018

Di hari tersebut, kamu bisa lihat Merkurius dan Jupiter dekat dengan bulan. Ketiganya akan membentuk segitiga di langit. Kamu bisa lihat Jupiter bagai bintang kuning terang. Sementara, mungkin kamu akan kesulitan melihat Merkurius. Kamu bisa mulai pengamatan mulai 18.00 dari waktu lokalmu. 

Sumber : stellarium.org

4. Konjungsi bulan dengan Saturnus, Minggu, 11 November 2018

Kali ini giliran bulan yang bertemu Saturnus. Bulan dan Saturnus akan terpisah sejauh 2 derajat satu sama lain. Adapun, peristiwa ini biasa disebut appulse.

Untuk menyaksikannya, kamu bisa mulai pengamatan pada 18.00 waktu setempatmu. Keduanya bisa kamu amati kurang lebih selama 3 jam 21 menit setelah matahari terbenam. Namun, pengamatan dengan mata langsung gak akan menampilkan cincin Saturnus yang jadi ciri khasnya. Kamu butuh teleskop dengan pembesaran minimal 75 kali untuk melihat cincin beserta satelit terbesarnya, Titan.

Sumber : stellarium.org

5. Hujan meteor Taurid lagi! Senin, 12 November 2018

Hujan meteor di tanggal ini kurang lebih sama dengan hujan meteor tanggal 5 November. Hanya saja perbedaannya ada pada titik radiannya, yaitu di rasi bintang Taurus. Ada sekitar 10 meteor per jam jika kamu melihatnya dari lokasi yang minim polusi cahaya dan cuaca sedang cerah. Kamu gak perlu teleskop loh untuk mengamatinya, Kamu bisa melihat mulai dari tengah malam hingga matahari terbit. 

6. Konjungsi bulan dengan Mars, Jumat, 16 November 2018

Mars akan berdekatan dengan bulan di tanggal ini. Bulan akan tampak pada fase bulan sabit dan berada 1 derajat dari Mars. Kamu bisa melihatnya sampai 23.53 waktu setempatmu. Kamu bisa melihatnya dengan mata telanjang atau dengan teropong mini. 

7. Hujan meteor Leonid! Minggu, 18 November 2018

Berbeda dengan Taurid, hujan meteor Leonid adalah hujan meteor mayor karena berintensitas tinggi. Hujan meteor Leonid adalah hujan meteor terbaik setiap tahunnya! Fenomena ini berasal dari kepingan komet 55P/Tempel-Tuttle.

Kamu pun bisa melihat hingga 20 meteor per jamnya saat puncak hujan meteor terjadi. Kamu bisa melihat fenomena ini mulai pukul 03.00 dini hari dengan mata telanjang. Pastikan lokasimu minim polusi cahaya dan cuaca sedang cerah, Meski begitu, bulan dekat dengan fase bulan purnama jadi mungkin akan meredupkan meteor-meteor yang lewat. 

Sumber : stellarium.org

8. Bulan purnama, Jumat, 23 November 2018

Di tanggal ini, bulan akan memasuki fase purnama. Pada 12.41 WIB, fase bulan purnama akan mencapai 99,8 persen secara astronomis. Namun, tentu saja kamu baru bisa melihat bulan purnama ini setelah matahari tenggelam.  

Baca juga : APA YANG HARUS KAMU LAKUKAN KETIKA ORANG LAIN BERHASIL MENYAKITIMU DAN MEMBUATMU TERPURUK?

9. Konjungsi superior Jupiter, Senin 26 November 2018

Saatnya mengucapkan selamat tinggal pada Jupiter di langit barat saat senja. Itu karena pada tanggal tersebut, Jupiter akan mengalami konjungsi superior atau berada di seberang matahari dari pandangan bumi. Baru beberapa pekan dan bulan berikutnya, Jupiter akan muncul kembali, namun telah berpindah jadi di langit timur sebelum matahari terbit. 

10. Puncak Kecerahan Venus, Senin, 30 November 2018

Pada tanggal ini, Venus akan terlihat sangat cerah. Meski masih dalam fase sabit, Venus dekat dengan bumi. Dengan begitu, Venus jadi benda langit paling terang setelah matahari dan bulan.

Sumber: idntimes

Contasia Christie

Content Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK