ARTICLE

Tue - Feb 13, 2018 / 1108 /

Supaya Flu Tidak Semakin Parah, Kamu Bisa Mengonsumsi 9 Makanan Ini

Musim hujan masih melanda Indonesia. Setiap hari rasanya dingin cuacanya, apalagi saat hujan dan kamu sedang berada di dataran tinggi. Brr... bisa menggigil ya. Saat-saat seperti ini nih tubuh mudah drop dan akhirnya terkena penyakit.

Penyakit yang seringkali diidap orang saat musim hujan seperti ini adalah flu. Biasanya sebelum flu, kita bisa menangkalnya dengan vitamin C. Flu itu sangat mengganggu kegiatan sehingga tidak sedikit orang yang akhirnya ke dokter ketika dilanda penyakit ini. Padahal obat terbaik flu sebenarnya istirahat dan memakan makanan bernutrisi.

Mengutip travelandleisure lewat CNN Indonesia, dua ahli gizi merekomendasikan makanan atau minuman yang cocok dikonsumsi saat terserang flu. Makanan ini akan bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh. 

 

1. Minuman Elektrolit

Sumber: Meghan Telpner

Hal terpenting saat terkena flu adalah menjaga tubuh agar tetap terhidrasi dengan baik, apalagi jika flu disertai dengan demam. Ahli gizi Jessica Crandal, yang berbasis di Denver menyarankan untuk banyak mengonsumsi air putih. Selain itu, tambahan minuman elektrolit atau air kelapa juga membantu tubuh mendapatkan sodium dan potassium.  Minuman elektrolit yang memiliki aroma mungkin akan lebih menarik seseoarang untuk meningkatkan konsumsi air. Minuman elektrolit juga menjadi pengganti makanan yang membantu tubuh mendapatkan kalori yang dibutuhkan.

 

2. Teh Hijau

Sumber: Lifehack

Seorang ahli gizi Rena Zelig, RDN, mengatakan flu akan mengganggu saluran pernapasan bagian atas. Minuman hangat atau panas dapat membantu melegakan saluran pernapasan.  Zelig merekomendasikan untuk mengonsumsi teh hijau karena kandungan antioksidan lebih tinggi. Tambahkan sedikit madu pada teh hijau, yang bermanfaat untuk menenangkan sakit tenggorokan dan meredakan batuk. 

 

3. Sup Ayam

Sumber: Real Simple

Rasa asin dari kaldu ayam bisa membantu tubuh agar tetap terhidrasi dan juga mengganti sodium yang hilang. Sayuran yang ada pada sup bisa menjadi sumber vitamin dan mineral.  Ayam menyediakan protein yang bermanfaat untuk penyembuhan dan bisa memberikan tenaga untuk tubuh. 

 

4. Kacang-kacangan

 

Sumber: The Spruce

Para ilmuwan mengatakan aroma dari sup bisa melonggarkan hidung tersumbat dari lendir akibat flu. Sup ayam juga membantu sel-sel darah putih melawan infeksi sehingga bekerja lebih efisien. Protein juga bisa didapat dengan mengonsumsi kacang-kacangan seperti kacang polong. Kacang-kacangan ini bisa dinikmati ketika diolah menjadi sup. 

 

5. Buah dan Sayur

Sumber: Star2

Untuk melindungi tubuh dari penyakit kronis, sangat diperlukan makanan yang mengandung antioksidan. Zelig mengatakan antioksidan berperan dalam menjaga kesehatan dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh.  Ia merekomendasikan untuk mengonsumsi buah atau sayur yang bewarna cerah seperti paprika, jeruk, dan buah beri. 

 

6. Jus Jeruk

Sumber: Reader's Digest

Jus jeruk menjadi sumber vitamin C yang baik bagi tubuh. Beberapa penelitian mengatakan mengonsumsi jus jeruk dapat mengurangi pilek dan flu. Namun tubuh tidak bisa menyerap vitamin C secara berlebihan.  Untuk itu Crandall menyarankan untuk mencampur empat ons jus jeruk dengan 16-20 ons air. Dengan begitu tubuh akan mendapatkan vitamin C tanpa kandungan gula dan kalori yang berlebihan. 

 

7. Daging Sapi

 

Sumber: The Cozy Apron

Mineral akan membantu tubuh melawan penyakit dengan mengatur kekebalan tubuh. Kandungan zinc yang ada pada daging sapi mampu mengurangi flu.  Tiga ons daging sapi rebus mengandung 7 mg zinc, daging sapi juga kaya akan protein dan vitamin B yang juga membantu meredakan flu. Sumber makanan lainnya yang mengandung zinc adalam tiram dan udang. 

 

8. BRAT Foods

Sumber: DietSpotlight

Saat mengalami flu sebagian orang merasa mual, untuk mengatasi hal tersebut para ahli gizi menyarankan untuk mengonsumsi BRAT food. Makanan BRAT seperti pisang, nasi, saus apel, dan roti panggang. 

 

9. Jahe

Sumber: Fitlife

Jahe menjadi salah satu obat tradisional yang sering digunakan. Mengkonsumsi makanan atau minuman yang mengandung jahe bisa membantu meringankan masalah perut akibat flu.  Campurkan jahe ke dalam teh atau sup, sebaiknya gunakan jahe alami jangan menggunakan jahe kemasan. Zelig menyatakan berbagai merk hanya mengandung sedikit jahe, lebih banyak mengandung gula.

Sumber: CNN Indonesia

Baca juga:

TIPS DIET ALA KRISTIANI, BISA NIH DICOBA

AJAK ANAK MULAI BERBUAT BAIK DENGAN MELAKUKAN CARA INI. ADA TEMPLATE-NYA LHO

LATIH EMPATI ANAK SEDARI DINI AGAR TIDAK TERPENGARUH BYSTANDER EFFECT

KLIK SHARE TO FACEBOOK UNTUK KAMU BAGIKAN ARTIKEL INI.

Superbook Admin

Official Writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK