ARTICLE

Sat - Sep 15, 2018 / 325 / Parenting

Ayat Alkitab yang Bisa Membantu SuperParents dalam Mendidik Anak Keras Kepala

Dalam artikel ini (klik disini) kita sudah tahu bagaimana ciri-ciri anak yang keras kepala dan bagaimana mengatasi mereka. Nah sekarang apa sih kata Alkitab yang bisa menolong para orang tua yang memiliki anak keras kepala, sebelum mereka tumbuh menjadi anak yang suka memaksakan kehendaknya? Yuk cek di bawah ini:

1. Ingatlah bahwa Superparents hanya perlu bersabar 2 detik lebih lama daripada anak Anda.

“Tongkat dan teguran mendatangkan hikmat, tetapi anak yang dibiarkan mempermalukan ibunya.” Amsal 29: 15

Ayat ini bukan berarti menganjurkan untuk menyakiti anak lho Superparents, tapi menganjurkan cara cerdas untuk melatih anak. Kita juga perlu tegas namun lembut dalam menghadapi anak yang keras kepala.

Baca juga : TIPS TERBAIK MEMBIASAKAN ANAK BEROLAHRAGA SEDARI KECIL

2. Pilihlah pertarungan Anda

Keamanan, kepedulian, dan nilai-nilai keluarga adalah 3 hal yang penting untuk dilatih serta ditanamkan. “Jawaban yang lemah lembut  meredakan kegeraman, tetapi perkataan yang pedas membangkitkan marah.” Amsal 15: 1. Kita sendiri sebagai orang tua mempunyai peperangan dengan diri sendiri, yaitu kesabaran dan emosi. Ketika kita menamankan 3 hal di atas kepada anak, kita harus bertarung untuk tidak melakukan kekerasan verbal dan lebih bersabar serta pengertian kepada anak.

 Sumber: MomJunction

3. Tanyakan Tuhan secara teratur untuk membantu kita melihat sisi positif dari kepribadian anak.

Superparents bisa berdoa sambil menyebutkan nama anak di dalam ayat ini:

“Sebab Engkaulah yang membentuk (nama anak) buah pinggangku, menenun (nama anak) dalam kandungan. Aku bersyukur kepada-Mu oleh karena kejadian (nama anak)  dahsyat dan ajaib; ajaib apa yang Kaubuat, dan jiwaku benar-benar menyadarinya.” Mazmur 139: 13-14

 

4. Berhenti setuju dengan apa kata orang lain tentang anak Anda

Memberikan anak hukuman karena kata orang lain terhadap anak, tidak membuat anak keras kepala menjadi sadar. SuperParents adalah orang tuanya. Anda pasti yang lebih mengenalnya. Oleh karena itu pahamilah hati anak seperti pada 1 Samuel 16: 7. “Tetapi berfirmanlah TUHAN kepada Samuel: 'Janganlah pandang parasnya atau perawakan yang tinggi, sebab Aku telah menolaknya. Bukan yang dilihat manusia yang dilihat Allah; manusia melihat apa yang di depan mata, tetapi TUHAN melihat hati.”

 

Sumber: Pinterest

5. Ajarkan anak untuk memuliakan Tuhan

Ketika SuperParents ingin mengajar anak untuk mencintai Tuhan segenap hati, Anda bisa memberikan teladan bagi mereka. Caranya mudah bisa dengan memperlihatkan bukti-bukti ilmiah Kekristenan, membaca Alkitab bersama, dan aktif di gereja. Seperti yang Tuhan tanamkan di Ulangan 6: 4-9.

 Baca juga : HINDARI STRESS DALAM MENGURUS DAN MENDIDIK ANAK DENGAN 3 TIPS BERIKUT

6. Pikirkan masa depan mereka

Anda memang tidak melihat ‘buah’nya sekarang. Tapi jika SuperParents dapat membantu mereka untuk menyalurkan niat anak secara kuat, suatu saat nanti mereka pasti bisa melakukan hal yang luar biasa nantinya. “Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanyapun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.” Amsal 22: 6.

 

7. Percaya kepada anak Anda

Berbisiklah kepada mereka di beberapa saat seperti ini,”Kamu akan melakukan hal yang luar biasa untuk Tuhan suatu saat nanti. Ayah/ ibu mendukungmu entah mau jadi astronot, guru, ibu rumah tangga, dan lainnya sesuai cintamu pada Tuhan. Hasil pekerjaanmu tidak hanya berdampak saat itu saja, tapi selama-lamanya. Jadi pilihlah dengan bijak ya.” Pengkhotbah 12:13.

KLIK DI BAWAH UNTUK BAGIKAN ARTIKEL INI.

Contasia Christie

Content writer
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK