LATEST ARTICLE

10 Makanan Khas Yang Tersebar di Indonesia. Bisa Berburu Kuliner Sambil Liburan Nih (2)


Sumber : Gulalives

6. Ayam Betutu

Sumber: Info Wisata Kintamani Bali

Siapa sih yang nggak suka ayam? Di Bali, Ayam Betutu merupakan menu yang tidak boleh dilewatkan. Campuran bumbunya dimasukkan ke dalam perut ayam kampung, dikukus dengan daun pisang dan dipanggang selama 24 jam hingga menghasilkan rasa pedas dan gurih yang meresap di dagingnya. Betutu tidak melulu menggunakan ayam, bisa juga diganti dengan bebek.

7. Ayam Cincane

Sumber: Sajian Sedap

Masih dengan menu ayam. Jika Anda dan keluarga sedang berlibur ke Kalimantan dan berkesempatan mengunjungi Samarinda, cobalah Ayam Cincane. Kombinasi ayam kampung dan berbagai macam bumbu membuat menu masakan ini terasa gurih.

8. Tinutuan

Sumber: Zona Utara

Menyeberangi lautan, kita ke pulau Sulawesi. Di ujung utara Sulawesi terdapat Tinutuan yang sangat nikmat. Sebenarnya Tinutuan, Bubur Manado atau Miedal sama saja. Bedanya, jika Anda memesan Miedal, sudah pasti ditambahkan mie ke dalam campurannya. Orang Minahasa dan sekitarnya lebih sering menggunakan kata Tinutuan, sementara orang Indonesia lebih kenal dengan kata Bubur Manado. Bubur Manado ini sangat sehat karena mencampurkan berbagai macam jenis sayuran di dalamnya.

9. Gohu Ikan

Sumber: Phinemo

Sebagai negara maritim yang sebagian besar wilayahnya merupakan perairan, Indonesia kaya dengan berbagai jenis hasil laut. Potensi ini membuat masyarakat Indonesia semakin kreatif mengolah sumber daya yang tersedia. Di Ternate, kita punya Gohu Ikan. Makanan khas ini berbahan dasar ikan tuna. Dilumuri perasan jeruk nipis dan garam, ditaburi cincangan cabai dan bawang dan beberapa bumbu tambahan membuat gohu ikan menjadi menu andalan Ternate.

10. Papeda

Sumber: Harian Resep

Di wilayah timur Indonesia, sagu merupakan bahan dasar dalam berbagai menu makanan. Maka dari itu, wilayah Maluku dan Papua memiliki Papeda sebagai kuliner khas mereka. Berbahan dasar sagu membuat papeda menjadi makanan sehat yang kaya serat, rendah kolesterol dan bernutrisi tinggi.

Di daerah manakah Anda sekeluarga menghabiskan liburan kali ini? Selamat berburu kuliner lezat khas Indonesia ya (CG)


5.054

GEREJA

302.524

ANAK

2675

SPONSOR

Copyright © 2016. SUPERBOOK