ARTICLE

Wed - Jun 13, 2018 / 180 / Inspirational

10 Makanan Khas Yang Tersebar di Indonesia. Bisa Berburu Kuliner Sambil Liburan Nih (1)

Indonesia dikenal sebagai negara yang kaya akan sumber daya alam. Kekayaan ini melahirkan berbagai macam kuliner unik dan enak yang terbentang dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia. Berikut kami rangkum sepuluh kuliner yang bisa Anda nikmati di daerah tempat Anda berlibur.

1. Randang

Sumber: Uprint

Dimulai dari wilayah barat Indonesia. Padang memiliki Randang (bahasa Minang) atau rendang sebagai masakan khas. Terbuat dari bahan dasar daging dan santan kelapa, rendang masuk dalam 3 besar makanan paling enak di dunia versi CNN Travel pada 2017.

2. Empek-empek

Sumber: Bukalapak

Masih di pulau Sumatera, ada empek-empek atau pempek sebagai kuliner khas Palembang. Bahan dasar pempek ialah ikan dan sagu. Mungkin pada awalnya rasa makanan ini sedikit aneh, namun lama kelamaan semakin bikin nagih.

3. Kerak Telor

Sumber: Tribunnews

Beralih ke pulau Jawa. Kerak telor juga merupakan identitas Indonesia. Sebagai kuliner khas Betawi, makanan ini patut dilestarikan. Pasalnya, kuliner ini semakin jarang ditemukan kecuali di lokasi-lokasi wisata seputaran Jakarta atau acara-acara adat Betawi. Padahal rasanya enak dan gurih loh!

4. Gudeg

Sumber: Wisatalah

Di bagian tengah pulau Jawa, gudeg jadi makanan khas yang berasal dari Jogjakarta. Rasa manis yang dihasilkan dari gula palem ini menjadikan gudeg subjek berburu kuliner para wisatawan yang mengunjungi Jogjakarta.

5. Rujak Cingur

Sumber: Good Indonesian Food

Jika Anda sedang mengunjungi daerah timur Jawa, pastikan Anda mencicipi makanan yang satu ini. Rujak cingur berbahan dasar mulut sapi karena cingur artinya mulut. Dicampur tahu, tempe, ketimun, lontong dan bumbu ulek, rujak cingur menjadi salah satu makanan yang wajib dicoba!

Carryn Graciano

Penulis Konten
Share :

SUPERBOOK EDISI SEKOLAH MINGGU

Superbook Edisi Sekolah Minggu merupakan kurikulum berbasis visual media persembahan bagi anak-anak di gereja di seluruh Indonesia. Kurikulum ini terdiri dari 45 minggu bahan pelajaran sekolah minggu setiap tahunnya, Permainan interaktif dan topik-topik diskusi yang mengaktifkan anak-anak, dan Catatan Gizmo yang menghubungkan orang tua dengan apa yang dipelajari anak.

Klik untuk bergabung

SUBSCRIBE

Dapatkan berbagai info dan penawaran menarik dari SUPERBOOK

Copyright © 2018. SUPERBOOK